Agar Stok ASI Aman Saat Listrik padam

Akhir-akhir ini ada program pemadaman bergilir dari PLN, sebagai solusi agar ada pemerataan akses mendapatkan listrik ataupun karena sebab lain. Bila pemadaman berlangsung lama, tentu menjadi persoalan bagi ibu menyusui yang mempunyai stok ASI beku di dalam freezer pada kulkas. Stok ASI akan mencair dan terancam rusak. Dibutuhkan solusi agar stok ASI aman saat terjadi pemadaman.

Ini dia tips untuk menyelamatkan stok ASI ketika tiba-tiba listrik padam:

  • Pindahkan stock ASI ke kulkas kerabat atau siapapun yang jarak rumahnya tidak terlalu jauh dan listriknya menyala. Gunakan cool box yang telah diisi dengan es batu saat memindahkan, untuk mempertahankan stok ASI tetap beku.
  • Bila pilihan di atas tidak memungkinkan, diamkan saja stok ASI di dalam kulkas, jangan terlalu sering membuka-tutup pintu kulkas untuk menghindari perubahan suhu yang bisa mempercepat pencairan stok ASI.
  • Masukkan es batu sebanyak-banyaknya untuk menimbun stock ASI. Tujuannya mempertahankan suhu di dalam kulkas tetap dingin, dan ASI tidak cepat mencair. 
  • Ganti es batu setiap 2 jam hingga 3 jam sekali dengan yang baru untuk mempertahankan suhu dingin di dalam kulkas.
  • Sedapat mungkin gunakan stok ASI yang sudah mencair maksimal dalam waktu 24 jam. Adapun yang belum cair (setengah beku) saat listrik menyala, tetap bisa disimpan kembali sebagai stok ASI.

Mengenai  ASI yang telanjur mencair, untuk membantu memastikan apakah ASI masih bisa dikonsumsi atau tidak, bisa dengan indra penciuman. Bila baunya masih seperti ASI segar, maka stok ASI aman dikonsumsi bayi.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!