Anak Mengeluh Sakit Perut? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Kasihan deh kalau melihat anak sakit perut. Biasanya mereka akan lebih rewel, susah makan, dan memegangi perutnya yang sakit. Anak-anak juga akan lesu dan kadang mengeluarkan keringat dingin. Nafsu makan hilang, lemas dan tak minat bermain dengan kawan-kawan. Kadang sakit perut dibarengi juga dengan mual dan muntah.

Apa sih penyebab sakit perut pada anak? Untuk mengetahui penyebabnya, sakit perut itu sendiri dibagi menjadi dua:

  • Sakit perut ringan
    Sakit perut pada anak dikatakan ringan jika hanya sakit di bagian perut tapi tidak disertai gejala lain seperti mual dan muntah. Sakit perut ini bisa bertahan lama, bisa juga hilang sendiri dalam kurun waktu beberapa jam. Penyebabnya bisa karena alergi makanan, perut kembung, asam lambung naik, efek kecemasan atau depresi, bisa juga karena kolik. Bila anak adalah anak perempuan yang sudah memasuki masa puber, bisa jadi dia sedang mengalami pre-menstruation syndrome (PMS). Penanganan pertamanya bisa dengan berbaring, minum air putih, olesin perut anak dengan minyak kayu putih. Bila sakitnya masih berlanjut bisa mengonsumsi obat dari dokter.
  • Sakit perut berat
    Sakit perut pada anak dikatakan berat bila disertai gejala lain seperti mual-muntah, kepala pening dan badan pegal-pegal. Kemudian kondisi perut tidak membaik dalam waktu 24 jam. Jika ini yang terjadi, maka kemungkinan penyebab sakit perut adalah adanya sumbatan dalam usus, apendisitis (usus buntu), penyakit tukak lambung, infeksi saluran kencing,  bisa juga adanya batu empedu, tumor bahkan kanker.

Membawa anak ke dokter adalah alternative paling baik saat anak sakit. Namun sebelum itu dilakukan, Ibu juga bisa melakukan perawatan di rumah dengan meminta anak berbaring. Berbaring akan mengurangi rasa sakitnya. Berikan anak minuman yang tak mengandung soda, kafein dan susu. Bisa juga memberinya makan dengan porsi kecil.

Jika dalam waktu 24 jam kondisinya tidak membaik atau malah memburuk, atau bila sakit perutnya disertai sesak napas, diare, demam, perut mengeras sakit saat buang air, segera bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan pertolongan dari ahlinya.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!