Balita Mengeluh Sakit Saat Pipis? Mungkin Ini yang Terjadi

Jangan meremehkan kondisi ketika anak Balita Anda mengeluh sakit saat pipis. Bisa jadi, itu adalah gejala infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing ketika dialami anak-anak cenderung sulit dideteksi. Ini disebabkan anak-anak masih susah mendefinisikan apa yang dirasakannya. Sehingga orangtua harus lebih peka.

Adapun gejala anak terkena infeksi saluran kencing selain sakit saat buang air kecil adalah bau air kencing menyengat. Air kencing juga keruh. Si kecil lebih sering buang air kecil daripada biasanya. Bahkan kadang dia sampai mengompol, yang sebelumnya dia sudah berhenti mengompol. Sedangkan nafsu makan turun drastis. Bila infeksi sudah mulai masuk ke ginjal, gejala yang dirasakan anak bisa lebih parah lagi. Anak jadi rewel, badannya menggigil, demam tinggi, mual-muntah sakit perut dan nyeri pinggang.

Bila itu semua dialami oleh ananda, segeralah kunjungi dokter anak. Dokter akan melakukan diagnosis dan memberikan obat-obatan untuk mencegah infeksi lebih meluas dan akan disarankan untuk rawat inap.  Infeksi saluran kencing pada anak harus segera ditangani karena bisa berakibat fatal. Sembari dilakukan pengobatan, yang bisa dilakukan orangtua adalah memastikan anak minum air putih yang cukup setiap hari. Ini untuk membantu membersihkan bakteri di saluran kencing.

Sementara itu untuk mencegah infeksi saluran kencing, biasakan anak membasuh alat kelaminnya dengan bersih setiap kali sehabis buang air kecil maupun buang air besar. Bantu anak untuk membersihkan alat kelaminnya dengan cara yang benar. Apalagi bagi anak perempuan. Cara yang benar membersihkan alat kelamin adalah dari depan ke belakang. Ini untuk mencegah berpindahnya bakteri dari anus ke vagina. Selain itu gunakan pakaian dalam dari bahan katun yang lembut dan nyaman digunakan. Bahan katun akan menyerap keringat dengan baik, sehingga menghindarkan bersarangnya bakteri.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!