Bayi Aktif Pertanda Cerdas, Ini Penjelasannya

Merawat anak usia bawah lima tahun (Balita) kadang membuat para orangtua merasa kewalahan. Masa di mana si kecil mulai belajar berjalan, belajar berbicara, aktif bermain dan bereksplorasi, kadang membuat orangtua harus mengeluarkan tenaga ekstra mengawasi. Saking kewalahannya, kadang ada ibu yang mengeluhkan bayinya yang tidak bisa diam. Wah, jangan buru-buru berprasangka buruk ya Pak, Bu. Bayi yang aktif bisa pertanda dia anak yang cerdas lho.

Hal-hal pertama yang dipelajari si kecil adalah dasar-dasar kemampuan fisik dan cara kerja anggota tubuh, bagaimana mereka bisa bergerak dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Sementara itu, di saat yang sama, ada bagian otak bayi yang berkembang  pesat pada tahun pertamanya, yaitu motorik korteks dan lobus parietalis, yang mengontrol sentuhan, gerakan tubuh dan hubungan spasial.

Bayi yang cerdas biasanya akan mengalami perkembangan motorik, kognitif dan mental yang pesat, mendahului teman usia sebayanya. Misalnya, ia akan mampu mengenali wajah kerabat, menggenggam, duduk, merangkak, berbicara atau berjalan bahkan berlari lebih dini dari bayi pada umumnya. Si kecil juga aktif bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Karena itu tak heran, bayi yang cerdas biasanya sering bikin pusing para ibu karena sangat aktif bergerak dan susah diam di tempat yang sama. Saat bermain dengan suatu benda atau objek, ia akan sangat fokus, baru kemudian ketika bosan, ia akan segera melemparkannya, untuk melihat apa yang terjadi.

Penelitian menyebutkan, bayi yang aktif mengerti tentang object permanence, yaitu suatu konsep bahwa benda yang hilang dari pandangan tetaplah ada. Ciri bayi cerdas lainnya ialah, dia memiliki ingatan yang kuat. Si kecil dapat mengingat di mana ia meletakkan mainan favoritnya, bahkan ia juga bisa protes saat mainan kesayangannya dipegang orang lain.

Bayi yang cerdas juga tidak mudah menyerah. Bisa jadi, Anda telah memberi batasan waktu bermain, dan berusaha menyembunyikan mainannya di meja tinggi  yang tak terjangkau olehnya. Maka bayi yang cerdas akan mencari cara untuk memperoleh kembali mainannya. Keterampilan memecahkan masalah merupakan salah satu ciri bayi yang cerdas. Bayi cerdas juga cenderung sulit dikendalikan, karena mereka sangat peka terhadap rangsangan lingkungan, dan kurang tertarik untuk tidur.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!