Bikin Anak Tetap Fit Selama Musim Hujan dengan Cara Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, puncak musim hujan akan terjadi antara Januari hingga Maret 2020. Saat musim hujan, banyak penyakit yang mengintai, seperti pilek, flu hingga demam berdarah. Agar tak mudah terkena penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, penting kiranya untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Berikut ini tips bikin anak tetap fit selama musim hujan yang bisa Anda terapkan.

  • Jaga Tubuh Tetap Hangat

Menjaga tubuh si kecil tetap hangat mesti menjadi perhatian. Selain dengan pakaian, menjaga agar tubuh si kecil selalu hangat juga bisa dilakukan dengan memberinya minuman atau makanan hangat. Coklat hangat bersanding dengan camilan sehat, tentu akan menjadi kesukaan si kecil. Atau, Anda juga bisa memberinya sup ayam hangat. Selain mampu menjaga kehangatan tubuh, sup ayam juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga stamina.

  • Mandi Air Hangat

Jika si kecil sempat kehujanan, atau bahkan Anda izinkan bermain hujan, pastikan si kecil mandi air hangat segera setelahnya. Jika perlu, bilaslah dengan air hangat yang dituangi cairan antiseptik. Fungsinya adalah untuk membilas kuman-kuman yang mungkin menempel bersama air hujan. Pakaikan baju yang cukup untuk menghangatkan tubuh setelahnya.

  • Cukupkan Kebutuhan Cairan dan Gizi

Pastikan anak tidak kekurangan cairan dan cukup gizi. Ketika suhu dingin kita cenderung mengonsumsi air lebih sedikit karena tidak haus. Padahal, dehidrasi tidak selalu ditandai dengan rasa haus. Karena itu, orangtua harus memastikan anak minum cairan dalam jumlah yang cukup. Sebab, cairan penting untuk metabolisme dan mengeluarkan racun dari tubuh. Orangtua pun harus memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi si kecil. Pada saat musim hujan, berikan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C agar daya tahan tubuh lebih kuat.

  • Cukup istirahat

Cukup istirahat. Kurang tidur bisa berdampak pada meningkatnya hormon stress yang bisa membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit. Agar si kecil tetap fit, pastikan dia cukup tidur, paling tidak 8 jam per hari. Jika si kecil termasuk anak yang aktif pada malam hari, Anda bisa mendorong si kecil untuk tidur siang untuk mengganti jam tidur malam yang kurang. Membiasakan cuci tangan dengan benar. Biasakan anak selalu mencuci tangan dengan benar, jika perlu dengan sabun cuci tangan antiseptik. Pastikan kuku juga selalu dalam keadaan bersih.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!