Cara Efektif Meredakan Demam Si Kecil

Orangtua mana yang tidak khawatir ketika mendapati buah hati kesayangan mengalami demam. Saat si kecil demam, orangtua tentu akan segera mengambil tindakan. Tapi, tidak perlu panik ya Bu. Ada cara efektif yang bisa Anda lakuan untuk meredakan demam si kecil tanpa terburu-buru memberinya obat atau membawanya ke dokter.

Ibu mungkin terbiasa memeriksa suhu tubuh si kecil dengan punggung tangan. Padahal, pemeriksaan dengan perabaan tubuh menggunakan tangan sering tidak akurat. Bayi atau anak dikatakan demam, jika suhu tubuhnya berada di atas 38 derajat Celcius. Meski demikian, Anda juga mesti melihat kondisi si kecil, misal suhu badannya 37,7 derajat Celcius, tapi dia sudah gelisah dan tampak tidak nyaman, maka Ibu perlu segera mengambil tindakan.

  • Longgarkan Pakaian

Untuk meredakan demam, segera longgarkan pakaian si kecil. Jika perlu, ganti bajunya dengan pakaian yang tipis dan menyerap keringat.

  • Beri ASI/Cairan

Jika si kecil masih minum ASI, beri dia ASI sesering mungkin. Selain untuk memastikan kecukupan cairan tubuhnya, menyusu juga memberi efek tenang bagi bayi. Sementara untuk anak yang lebih besar, Ibu bisa memberikannya tambahan cairan seperti air putih, jus, atau juga sup hangat.

  • Atur Suhu Ruangan

Pastikan si kecil berada di dalam ruangan yang tidak terlalu panas. Atur suhu ruangan senyaman mungkin, jika terpaksa harus menggunakan pendingin atau kipas angin, pastikan aliran udara tidak mengenai langsung tubuh si kecil. 

  • Kompres

Jika perlu kompres kening si kecil dengan handuk lembut yang dibasahi air hangat.  Awasi dengan seksama kondisi si kecil, jika menunjukkan tanda-tanda memburuk seperti menggigil, maka Anda perlu mengambil tindakan yang diperlukan dengan memberinya obat penurun panas, atau memeriksakannya ke dokter.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!