Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Cegah Bayi Menggigit saat Menyusu

Bila memperhatikan ekspresi wajah bayi saat sedang menyusu pada ibu pasti sangat menyenangkan dan sering bikin kita gemas ya, Bu? Tapi bagaimana jika si kecil sudah mulai suka menggigit-gigit puting payudara ibu? Sedang asyik-asyiknya menyusui, tiba-tiba saja si kecil menggigit? Aduh, pasti sakit!

Perilaku bayi menggigit puting ini biasanya terjadi ketika ia sudah mulai tumbuh gigi. Si kecil akan merasakan gatal atau nyeri pada gusinya sehingga ia pun jadi suka menggigit untuk menghilangkan rasa itu. Penyebab lain bisa juga bayi kurang puas karena aliran air susu ibu (ASI) yang kurang lancar.  

Masalah ini tak urung membuat ibu waswas digigit lagi ketika hendak menyusui kembali si kecil. Mau memarahi si kecil, pastinya nggak tega. Jangan-jangan dampaknya nanti si kecil malah jadi enggan menyusu lagi? Tapi kalau dibiarkan, ya sakit juga. 

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah si kecil menggigit puting saat menyusu? Jangan bingung, Bu. Coba deh ibu terapkan beberapa tips berikut ini: 

  • Pastikan posisi menyusui sudah benar

Lakukan pelekatan untuk menyusui dengan benar. Posisikan bayi sedekat mungkin dengan payudara ibu. Jika posisi menyusui sudah benar, setidaknya tidak ada masalah dengan aliran ASI untuk bayi sehingga ia bisa mendapatkan ASI yang cukup dengan mudah. Selain itu, buatlah si kecil nyaman sehingga ia akan fokus untuk menyusu. 

  • Beri perhatian penuh untuk si kecil

Berikan perhatian penuh kepada si kecil selama ia menyusu. Perhatikan wajahnya, tataplah matanya, tersenyumlah, atau ajaklah ia bicara dengan suara yang lembut. Dengan memberikan perhatian penuh kepada si kecil saat menyusu, Ibu bisa sambil mengawasi dan berjaga-jaga jika ia akan mulai menggigit puting payudara. Anda bisa mengantisipasi dengan melepaskan payudara Anda dari mulutnya. 

  • Masukkan jari ke dalam mulut bayi

Untuk mencegah bayi menggigit saat menyusu, bisa juga dengan memasukkan sedikit ujung jari ibu di sudut mulut bayi dan melepaskan payudara ibu darinya. Lakukan cara ini setelah si kecil sudah menyusu selama beberapa waktu dan ia mulai terlihat kenyang. Pastikan jari ibu dalam keadaan bersih.

  • Hindari berteriak saat si kecil menggigit

Reaksi ibu saat si kecil tiba-tiba menggigit puting saat menyusu biasanya adalah berteriak karena terkejut. Sebisa mungkin hindari hal itu. Tetaplah bersabar. Walaupun mungkin si kecil belum bisa memahami, cobalah mengajaknya bicara dan mengatakan padanya dengan tetap lembut agar ia tidak lagi menggigit karena ibu sakit kalau digigit. Jika ia masih saja menggigit saat menyusu, beri hukuman dengan melepas payudara Anda dari mulutnya dan berhenti menyusuinya sejenak. Ibu bisa mengatakan padanya dengan lebih tegas bahwa ia tidak boleh menggigit. Sebagai hukuman, jangan berikan dulu payudara Anda padanya. Biarkan ia berbaring sampai ia terlihat ingin melanjutkan menyusu. Ibu bisa kembali menyusuinya setelah beberapa waktu. Namun jika ia mengulangi menggigit lagi, lakukan cara ini lagi.  

  • Berikan theeter

Jika bayi mulai sering menggigit lantaran ia mulai tumbuh gigi, sebaiknya ibu siapkan theeter sebagai alternatif benda yang bisa ia gigit untuk mengalihkannya dari puting payudara Anda. Berikan padanya setelah ia selesai menyusu.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Bayi

  • Tips Aman Hilangkan Bau Kaki pada Bayi

    Tips Aman Hilangkan Bau Kaki pada Bayi

    Beberapa bayi mungkin juga bisa mengalami masalah bau kaki, terutama bila si kecil memiliki bakat hiperhidrosis, atau mudah sekali berkeringat. Masalah ini tak urung bisa membuat ayah-ibu bingung. Bil...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 3, 2021
  • Normalkah Bau Tak Sedap pada Kaki Bayi?

    Normalkah Bau Tak Sedap pada Kaki Bayi?

    Tubuh bayi pada umumnya memiliki aroma khas yang biasanya banyak disukai ayah-ibu,  sekalipun si kecil ini belum dimandikan. Namun ketika tercium bau yang tidak sedap pada kaki bayi, pastinya aya...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 1, 2021
  • Hati-hati Menjenguk Bayi Baru Lahir saat Pandemi, Ini etikanya

    Hati-hati Menjenguk Bayi Baru Lahir saat Pandemi, Ini etikanya

    Saat mendengar kabar tentang kelahiran buah hati saudara, kerabat, tetangga, atau sahabat, tentunya kita pun akan turut merasakan kebahagiaan mereka ya, Ayah-Ibu? Kita juga akan sangat antusias berkun...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 1, 2021
  • Ini Lho Faktor yang Mempengaruhi Warna Kulit si Kecil

    Ini Lho Faktor yang Mempengaruhi Warna Kulit si Kecil

    Warna kulit bayi rata-rata tidak jauh berbeda dengan warna kulit orangtuanya. Bila kulit orangtua bayi, baik keduanya ataupun hanya salah satunya, ayah atau ibu, berkulit putih atau cerah, biasanya ba...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 27, 2021
  • Bahan-Bahan Alami untuk Mengobati Gudik

    Bahan-Bahan Alami untuk Mengobati Gudik

    Scabies atau penyakit kulit yang dikenal dengan istilah kudis atau gudik, bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Memang tidak berbahaya, tapi bila tidak segera diobati tentu saja akan sangat m...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 20, 2021

Artikel Populer