Ciri-ciri bayi sedang sakit/tak enak badan

Kesehatan bayi tercinta tentu akan selalu menjadi prioritas bagi ayah-ibu dalam merawat dan mengasuh mereka. Ketika si kecil sakit, ayah-ibu pun harus lebih peka untuk mengetahui tanda-tanda yang ditunjukkannya. Terlebih jika bayi masih berusia di bawah 1 tahun, tentunya belum bisa mengeluhkan rasa sakitnya lewat kata-kata. 

Selain demam yang bisa diketahui dari naiknya suhu tubuh si kecil, ada beberapa ciri lain yang menjadi sinyal bahwa bayi sedang merasa tidak enak badan atau sakit:

  • Rewel atau banyak menangis
    Ketika bayi merasa tubuhnya tidak nyaman atau sakit, ia akan menunjukkannya dengan perilaku yang berbeda dari biasanya. Kemungkinan ia akan terlihat gelisah, lesu, susah tidur, rewel, atau menjadi lebih banyak menangis. Dalam kondisi demikian, coba cek untuk memastikan apakah ia hanya merasa lapar/haus, karena popok atau bajunya basah, dan sebagainya, atau karena ia memang sedang sakit.
  • Selera menyusu/makan menurun
    Saat bayi kehilangan seleranya untuk menyusu atau makan, ayah-ibu sebaiknya segera waspada karena itu bisa menjadi pertanda ia sedang sakit. Mungkin saat menelan susu atau makanan, membuat tenggorokannya terasa sakit sehingga ia menolak untuk menyusu atau makan.
  • Bibir kering atau pecah-pecah
    Kulit dan bibir bayi yang kering dan pecah-pecah menjadi tanda ia mengalami dehidrasi. Segera tangani agar kondisi ini tidak menyebabkan bayi drop karena tubuhnya kekurangan cairan, yang bisa berakibat fatal untuknya.
  • Muntah-muntah
    Wajar jika bayi sesekali muntah atau gumoh setelah selesai menyusu. Namun jika muntah ini terjadi beberapa kali dan bahkan sepanjang hari, ayah-ibu harus waspada karena itu menunjukkan bahwa bayi Anda sedang sakit.
  • Diare
    Buang air besar (BAB) terlalu sering dengan kondisi feses yang tidak biasa atau diare pada bayi menunjukkan bahwa ia sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja. Segera periksakan si kecil ke dokter ketika diarenya tak kunjung berhenti.
  • Pilek
    Pilek adalah tanda bayi Anda sedang tidak sehat. Cobalah cara alami terlebih dulu untuk meredakan gejala flu ini, salah satunya dengan lebih sering memberinya air susu ibu (ASI). Sebab ASI kaya akan zat antibodi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil untuk melawan sakit.
  • Tanda lain di fisiknya
    Ruam, kulit memerah, pusar memerah, atau tanda-tanda lain pada kulit atau bagian lainnya pada tubuh bayi patut Anda waspadai merupakan sinyal bahwa buah hati Anda itu sedang sakit.
Suka artikel ini? Ayo bagikan!