Ciri-ciri bayi yang sehat/bahagia

Ayah-Ibu pasti akan merasa bahagia bila bayi kesayangan dalam keadaan sehat dan bahagia. Tanda bayi sehat biasanya bisa dilihat dengan mudah dari seringnya ia tersenyum atau tertawa ceria, sebagai caranya mengekspresikan rasa bahagianya terhadap sesuatu yang menyenangkan baginya. 

Tapi Ayah-Ibu juga perlu tahu bahwa ada beberapa ciri lain yang sebenarnya juga menandakan bahwa si kecil sehat dan Bahagia, yang dirangkum redaksi Janethes.com dari berbagai referensi. Coba simak yuk! 

  • Tidur nyenyak
    Bayi yang nyenyak dalam setiap tidurnya menandakan bahwa kebutuhan dasarnya terpenuhi, sehingga ia akan merasa tenang dan nyaman. Kebutuhan dasar tersebut antara lain tercukupinya air susu ibu (ASI)  atau makanan/minuman yang penuh gizi dan nutrisi, kebersihan tubuh, hingga sentuhan dan pelukan kasih sayang. Ini akan mendukung tumbuh kembang si kecil dengan baik dan ia pun sehat dan bahagia.
  • Sering menatap mata ibu
    Untuk bayi baru lahir hingga usia beberapa minggu mungkin sering menatap sang ibu dengan damai walaupun tanpa ekspresi. Seiring pertambahan usianya, selain menatap, si kecil biasanya juga akan tersenyum bahkan tertawa, terlebih ketika ibu sering mengajaknya berkomunikasi atau berinteraksi. Ini menandakan bahwa si kecil merasa nyaman dan bahagia dengan kehadiran ibunya.
  • Merespons dengan baik
    Bayi yang sehat juga akan merespons dengan baik ketika diberi stimulan, diajak berkomunikasi, berinteraksi, atau bercanda, dinyanyikan lagu, dan sebagainya, baik oleh sang ibu, ayah, atau orang lain di sekitarnya. Respons bisa bermacam-macam seperti menatap mata, tersenyum, membalas senyum, atau ketika mendengar suara, ia akan segera mencari tahu sumber suara, dan sebagainya.
  • Makan/minum maupun buang air teratur
    Bayi yang sehat biasanya memiliki pola makan/minum yang baik. Buang air, baik besar maupun kecil, juga teratur dengan kondisi yang normal. Hal ini menunjukkan sistem pencernaan dan kesehatannya secara umum baik, meskipun frekuensi buang air tersebut berbeda antara bayi satu dengan lainnya.
  • Kemampuan terus bertambah

Selain fisiknya tumbuh dengan baik dan normal, salah satu ciri lain bayi yang sehat adalah kemampuannya yang juga semakin bertambah seiring dengan tahapan perkembangan usianya. Bayi akan melalui beberapa tahapan tumbuh kembang seperti tengkurap, merangkak, berdiri, hingga berjalan dengan baik. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!