Cuaca Panas, Perlukah Si Kecil Memakai Tabir Surya?

Musim panas tahun ini menjadi musim kemarau yang lebih panjang dari biasa di Indonesia. Suhu udara harian pun tergolong rata-rata tinggi. Tak ayal, banyak keluhan muncul terkait cuaca terik yang teramat menyengat kulit. Berbicara tentang cuaca panas, biasanya orang dewasa akan melindungi kulitnya dengan menggunakan tabir surya. Selain untuk menjaga kelembaban kulit, tabir surya juga dapat mencegah kulit mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari yang ekstrem. Bagaimana dengan anak-anak? Perlukah si kecil memakai tabir surya saat beraktivitas dalam cuaca panas?

Pada dasarnya kulit anak-anak cenderung sensitif dan lebih rentan ketimbang kulit orang dewasa. Karena itu, saat beraktivitas di ruang terbuka, anakpun perlu terlindung dari cuaca panas. Selain pakaian dan topi, si kecil juga perlu memakai tabir surya. Paparan sinar matahari yang terlalu ekstrem dapat menimbulkan kerusakan permanen pada kulit si kecil yang lembut dan sensitif.  Penggunaan tabir surya bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari sekaligus menjaga kesehatan kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB.

Namun demikian, Anda tidak boleh sembarangan memakaikan tabir surya pada kulit si kecil. Menurut American Academic of Pediatrics, tabir surya baru boleh diberikan pada anak usia di atas 6 bulan. Pasalnya, kulit bayi di bawah usia 6 bulan masih sangat sensitif. Bayi brusia di bawah 6 bulan sebisa mungkin dijauhkan dari sinar matahari langsung dalam durasi yang lama. Saat membawa bayi usia di bawah 6 bulan ke ruangan terbuka, Anda bisa menggunakan payung untuk melindungi si kecil dari sengatan terik matahari.

Nah, untuk bayi di atas 6 bulan, Anda boleh memakaikan tabir surya yang berbentuk lotion maupun krim. Pilihlah tabir surya yang melindungi kulit dari sinar ultravolet A dan sinar ultraviolet B. Semakin tinggi kadar SPF dalam tabir surya, semakin kuat pula ia melindungi kulit dari paparan sinar mahatari. Sunscreen yang mengandung SPF 15 dapat melindungi kulit selama lebih dari 1 jam, sedangkan SPF 50 dapat melindungi sampai 5 jam. Penting juga untuk memilih tabir surya yang tidak mengandug zat pewangi (parfum), agar tidak menimbulkan alergi pada kulit si kecil.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!