Geographic Tongue, Lidah Bertekstur Seperti Peta

Coba Ibu cek lidah Ananda. Apakah permukaan lidah si kecil mulus ataukah tidak rata dan bertekstur, terdapat pola tidak teratur berwarna putih kemerah-merahan, seperti gambar peta dengan pulau-pulaunya? Jangan-jangan Ananda mengalami geographic tongue atau biasa pula disebut sebagai benign migratory glossitis. Geographic tongue adalah kondisi kelainan yang terdapat pada permukaan lidah. Tekstur ataupun gambaran mirip pulau-pulau pada permukaan lidah bisa hilang dan muncul kembali.

Penyebab geographic tongue tidak diketahui secara pasti. Tidak diketahui pula cara untuk mencegahnya. Kemungkinan geographic tongue merupakan akibat dari aktivitas sel darah putih di dalam tubuh, yang menginduksi peradangan pada bagian tubuh tertentu. Pada beberapa orang, geographic tongue juga terjadi pada keturunan di bawahnya. Jadi bisa jadi penyebab geographic tongue adalah faktor genetika seseorang.

Kabar baiknya adalah geographic tongue ini bukan merupakan sesuatu tanda adanya bahaya pada tubuh Ananda. Tidak ada hubungannya dengan masalah kesehatan ataupun infeksi apapun.  Anak-anak pada umumnya tidak merasakan kelainan apapun walaupun lidahnya mengalami geographic tongue. Mereka beraktivitas seperti biasa, mengunyah dan mencerna makanan di dalam mulut seolah-olah tidak terjadi apa-apa dengan lidahnya.

Namun pada sejumlah kasus,  kadang-kadang geographic toungue menimbulkan ketidaknyamanan pada lidah Ananda. Bisa juga lidah jadi lebih sensitif terhadap zat tertentu. Misalnya Ananda jadi sensitif terhadap makanan yang rasanya asin, manis ataupun pedas. Bila ini terjadi, tinggal dihindari saja makanan yang menjadi pemicu hingga lidah menjadi sensitive. Tidak diperlukan obat-obatan khusus untuk anak yang mengalami geographic tongue. Sesekali mungkin diperlukan obat sesuai gejela yang dirasakan, misalnya terjadi rasa tidak nyaman yang parah setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu. Seiring bertambahnya usia, biasanya geographic tongue bisa hilang sama sekali.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!