Hidung Si Kecil Kemasukan Benda Asing? Lakukan ini

Rasa ingin tahu yang tinggi pada anak-anak kadang justru membuat mereka terjebak dalam masalah dan secara tak sengaja melukai diri sendiri. Jatuh dari kursi, mainan yang tertelan, atau tak sengaja masuk parit di depan rumah mungkin pernah terjadi pada anak Anda. Kadang anak pun memasukkan segala macam benda asing, seperti sobekan plastik, kerikil, kacang hingga mainan seperti lego, ke dalam hidung. Jika itu yang terjadi,tak perlu panik. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan benda asing dari hidung si kecil.

Tak sengaja memasukkan benda asing ke dalam hidung memang sering terjadi pada anak-anak. Jika tak segera dikeluarkan, benda-benda asing itu bisa saja menimbulkan kesulitan bernapas, cedera hingga infeksi serius. Kenali tanda-tanda ketika ada sesuatu dalam hidung si kecil. Kesulitan bernapas, keluar ingus berwarna hijau padahal tidak sedang flu, mimisan, atau bahkan hidung berbau, adalah beberapa tanda ada benda asing dalam hidung si kecil.

Hal pertama yang musti Anda lakukan adalah bersikap tenang. Coba periksa hidung si kecil, sembari mencoba mengorek keterangan darinya. Anak-anak cenderung takut dan menangis apabila orang tua panik atau marah. Coba dengarkan apa yang dikatakan si kecil sambil berupaya untuk menenangkan.

Jika benda asing masih tampak dari luar, dan memungkinkan untuk ditarik, siapkan pinset dengan ukuran yang sesuai lubang hidung si kecil. Pastikan pinset sudah dibasuh carian antiseptik. Jika benda asing tersebut masih terjangkau dengan pinset, usahakan menariknya dengan hati-hati. Jangan sampai pinset justru mendorong benda asing ke bagian hidung lebih dalam.

Jika pertolongan pertama gagal dilakukan, apalagi benda asing sudah cukup lama berada dalam hidung,segera bawa si kecil ke unit gawat darurat atau Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT). dengan peralatan medis yang ada, dokter biasanya akan dengan sigap mengeluarkan benda asing dari hidung si kecil.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!