Ini Lho Ciri-Ciri Bayi Sehat

Setiap bayi yang lahir adalah anugerah bagi orangtuanya. Dan setiap orangtua tentu mengharapkan bayinya selalu sehat. Tapi tahukah Anda apa saja tanda-tanda bayi bisa dikatakan sehat? Berikut ini adalah indikator bayi bisa dikatakan sehat:

  • Berat badan naik

Berat badan bayi sejak lahir bertambah secara bertahap. Pada awal kelahiran hingga beberapa bulan kemudian kenaikan berat badan terjadi cukup pesat. Di atas tujuh bulan, kenaikan berat badan tidak lagi terlalu signifikan. Makanya bayi sebaiknya secara rutin berkala dibawa ke posyandu untuk memantau berat badannya.

  • Relatif tenang

Bayi relatif tenang dan gampang ditenangkan. Dia banyak tidur dan tidurnya berkualitas. Bayi tidak banyak rewel dan menangis. Kalaupun dia rewel, mudah ditenangkan. Salah satu tanda bayi sakit adalah rewel dan sulit tidur.

  • Matanya makin berfungsi

Saat lahir, mata bayi belum berfungsi dengan baik. Namun seiring waktu berjalan, indera penglihatannya mulai berfungsi. Dia mulai merespons kontak mata. Bola matanya mampu mengikuti benda-benda yang bergerak di depannya.

  • Mengikuti sumber suara

Bayi yang indera pendengarannya sehat akan mengikuti sumber suara yang didengarnya. Bisa dicoba dengan membunyikan sesuatu di dekat telinga kanan atau kirinya. Dia akan menggerakkan kepala, menoleh ke arah suara

  • Mampu berinteraksi dengan sekitar

Bayi yang sehat merespons setiap rangsangan di sekitarnya. Responsnya bisa bermacam-macam bentuknya. Dia akan tertawa ketika merasa senang, menangis ketika sedih. Menggerak-gerakkan tangannya untuk meraih sesuatu, dll.

  • Buang air lancar

Bayi yang sehat buang air dengan lancar. Baik buang air kecil maupun buang air besar. Bila bayi saat buang air menangis, bisa jadi dia mengalami masalah dengan organ pencernaannya.

Bila bayi Ibu mengalami hal yang berkebalikan dengan indikator-indikator bayi sehat di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter dan juga ahli gizi anak.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!