Manfaat Berenang bagi Perkembangan Bayi

Pernahkah Ayah-Bunda melihat tayangan di televisi atau video tentang bayi-bayi yang sedang berenang baik di kolam renang biasa ataupun kolam kecil yang ada di baby spa? Tampak menyenangkan sekali bukan? Alangkah lucunya saat bayi-bayi tersebut menggerak-gerakkan tangan dan kaki-kaki mungil mereka di dalam air. 

Lihat saja ekspresi bayi di awal-awal mereka baru diperkenalkan dengan air. Sungguh menggemaskan. Ada yang terlihat seakan tidak sabar ingin segera masuk ke kolam dan bermain-main di dalam air. Ada pula yang tampak takut-takut saat pertama-tama masuk ke dalam air. Tapi setelah beberapa menit saja bayi-bayi itu justru tampak senang sekali bermain-main di air. 

Kita juga akan dibuat kagum ketika melihat bayi-bayi yang sudah mahir berenang. Walaupun tubuh masih kecil, mereka sudah mampu menggerakkan tangan dan kaki hingga kepala secara selaras dan seimbang di dalam air, sambil mengatur pernafasan dengan cukup baik. Ya, berenang merupakan salah satu jenis olah raga yang digemari banyak orang dari berbagai kalangan. Bahkan sudah menjadi tren saat ini, berenang mulai diajarkan oleh para orang tua kepada anak-anak mereka sejak bayi.

Hal itu karena berenang memang bukan sekadar olahraga biasa. Di samping akan membuat tubuh bugar dan sehat, aktivitas di dalam air ini juga bisa menjadi sarana bermain sekaligus belajar yang menyenangkan dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi, baik fisik maupun mentalnya. Perkembangan fisik anak-anak yang sudah diajari berenang sejak bayi rata-rata lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak diajari. Demikian pula dari sisi tingkat kecerdasan anak. Biasanya anak-anak yang sudah mulai diajari berenang sejak bayi akan memiliki kecerdasan lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

Bahkan banyak ahli yang menyarankan berenang sebagai salah satu terapi kesehatan yang baik untuk mengatasi beberapa permasalahan terkait tumbuh kembang anak, seperti autis. Sehingga tidak ada salahnya jika orang tua mulai mengenalkan olah raga air ini kepada anak-anak, termasuk bayi, dari sedini mungkin.

Lalu apa saja manfaat penting dari berenang untuk perkembangan bayi? Berikut di antaranya: 

  • Berenang merupakan sarana stimulasi untuk melatih keterampilan motorik bayi. Gerakan-gerakan renang yang melibatkan hampir semua otot pada bagian tubuh bayi terutama kepala, tangan, dan kaki, dapat melatih sekaligus meningkatkan kekuatan otot-ototnya. Melalui gerakan tersebut bayi sekaligus berlatih melakukan koordinasi antarbagian tubuh serta menjaga keseimbangan tubuhnya.
  • Berenang meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, serta sangat baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak si kecil.
  • Anak-anak termasuk bayi, pada umumnya sangat senang jika diajak bermain-main dengan air. Perasaan senang atau bahagia saat belajar berenang dan bermain-main dengan air bersama orang tua akan menjalin ikatan kuat antarbayi dengan orang tua. Rasa tersebut juga akan membantu menjaga mood bayi agar tetap baik, rileks, terhindar dari stres, sehingga suasana hatinya ceria dan tidak rewel.
  • Kegiatan berenang yang dijadwalkan secara rutin juga dapat mempengaruhi pola tidur yang lebih teratur dan meningkatkan nafsu makan bayi.
  • Mental anak-anak juga bisa digembleng sejak usia dini melalui aktivitas berenang. Olahraga ini dapat menumbuhkan keberanian, rasa percaya diri, dan sikap mandiri dalam diri anak. Biasanya anak-anak ini akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan baik dalam bersosialisasi.
Suka artikel ini? Ayo bagikan!