Manfaat Bumbu dan Rempah untuk Kesehatan Bayi

Setelah mendapatkan ASI ekslusif, saatnya bayi mendapatkan makanan pendamping  (ASI) sejak usia 6 bulan. Perkenalan bayi dengan MPASI ini kadang membuat para ibu memutar otak sedikit lebih keras. Tentu saja untuk mencari cara agar bayi tidak menolak, menyukai rasanya dan mau makan dengan lahap. Di antara beberapa saran yang sering terdengar soal MPASI adalah soal tambahan bumbu dan rempah untuk menu si kecil. Dengan takaran yang  tepat, bumbu dan rempah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi lho, Bu.

Selama rasanya tidak tajam (pedas), dan terlalu berlebihan, bumbu dan rempah aman untuk bayi. Anak yang sejak bayi sudah mulai mengenal berbagai jenis bumbu, cenderung tidak jadi anak yang pilih-pilih makanan di kemudian hari. Beberapa contoh bumbu dan rempah yang bermanfaat untuk kesehatan bayi antara lain: bawang putih, jahe, kayu manis, pala dan kunyit.

Bawang putih bisa ditambahkan ke dalam beraneka ragam masakan, contohnya sup. Selain menambah aroma sedap, bawang putih kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan sistem pencernaan. Bawang putih juga ampuh untuk mengatasi gejala flu, batuk, hingga infeksi.

Rasa dan aroma kayu manis yang legit dapat menambah selera makan si kecil. Anda bisa menambahkan kayu manis pada bubur atau pada puree buah. Untuk kesehatan bayi, kayu manis dapat membantu melawan infeksi karena memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, memperkuat imunitas, menjaga sistem pencernaan, membantu meredakan hidung tersumbat hingga meningkatkan kemampuan otak.

Rimpang tanaman jahe, dikenal dan banyak digunakan dalam pengobatan tradisional berbasis herbal.  Untuk menu MPASI, jahe dapat membantu menghilangkan bau amis pada MPASI yang menggunakan ikan atau ayam. Selain menghilangkan bau amis, jahe bisa memberikan rasa hangat, menyembuhkan pilek dan batuk, mengatasi sakit perut, dan mengobati masalah pernapasan.

Rempah pala, mengandung protein, serat, magnesium, kalsium, dan zat besi. Untuk bayi, pala dapat bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta membuat bayi tidur lebih nyenyak. Sedikit gerusan pala yang lembut bisa dimasukkan dalam menu sup sayur atau sup ikan. Sementara kunyit, bermanfaat bagi bayi karena kaya akan zat besi, vitamin B6, potasium, dan magnesium. Bahan-bahan tersebut di atas bisa Ibu tambahkan ke dalam menu MPASI bayi mulai usia 7-8 bulan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!