Mau Belanja Pakaian Anak Lebih Hemat? Ini Caranya

Kebutuhan anak itu memang banyak. Mulai dari lahir dan terus meningkat hingga mereka dewasa. Anggaran untuk pampres, susu, mainan, pakaian, biaya pendidikan, semuanya rutin dikeluarkan. Para orangtua perlu strategi tersendiri agar pengeluaran-pengeluaran itu bisa dihemat. Salah satu kebutuhan yang terus ada namun bisa dihebat adalah pakaian. Harapannya pengeluaran bisa disihkan untuk kebutuhan lain yang lebih urgen.

Nah berikut ini adalah cara-cara agar kebutuhan pakaian anak bisa dihemat:

  • Turunkan gengsi
    Untuk anak harus yang bagus dong. Setuju kok. Tetap jaga kualitas. Tapi gengsi boleh diturunkan. Tetap beli baju-baju yang bagus dan berkualitas namun mungkin bukan lagi yang impor atau branded. Lagipula harga yang tinggi, tak selalu berbanding lurus kok dengan kualitas. Apalagi baju anak juga tak akan lama dipakai. Hanya dua-tiga bulan saja. Setelah itu ganti ukuran. Yang dibutuhkan hanya menurunkan sedikit gengsi.
  • Beli satu ukuran lebih besar
    Membeli pakaian yang satu ukuran di atas ukuran pas untuk anak, sah-sah saja kok. Ini tips yang dilakukan turun temurun sejak zaman para orangtua tempo dulu. Kalau mestinya ukurannya S, beli M. Kalau ukuran sebenarnya M, beli yang L dan seterusnya. Walhasil, pakaian akan lebih lama dipakai  anak.
  • Lokasi membeli
    Lokasi membeli pakaian juga bisa berpengaruh lho. Boleh jadi pakaian yang sama, kalau dibeli di tempat tertentu jatuhnya lebih mahal. Jadi jangan terburu-buru membeli sesuatu. Apalagi saat ini zaman serba online. Bisa bandingkan harga antara toko satu dengan toko lainnya melalui ponsel. Tapi jangan juga terjebak  toko abal-abal dengan modus menawarkan barang murah. Tetap ikuti tips kuno: teliti sebelum membeli.
  • Padu-padan
    Saat membeli pakaian, pikirkan bakaian yang dibeli mesti bisa dipadu-padankan juga dengan pakaian yang sudah ada di rumah. Jadi kadang tak perlu membeli satu set pakaian sekaligus. Cukup kemeja saja, karena celananya pakai celana yang lama.

Menghemat anggaran untuk pembelian pakaian anak, harus dilakukan dengan bijak. Kadang juga mesti dibarengi dengan keahlian menjelaskan kepada anak mengapa kita harus berhemat. Yang jelas biasanya selalu membeli sesuai kebutuhan. Bukan sesuai keinginan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!