Menu Si Kecil untuk Meningkatkan Imunitas Saat Pancaroba

Musim pancaroba identik dengan meningkatnya serangan beberapa jenis penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus atau bakteri. Salah satu cara agar buah hati Anda tidak mudah terjangkit penyakit di musim pancaroba adalah dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuhnya. Asupan makan yang bergizi bisa menjadi strategi. Nah, ada beberapa menu makanan yang dapat Anda suguhkan untuk meningkatkan imunitas di kecil menghadapi musim pancaroba:

  • Menu berbahan dasar protein

Menu makanan berbahan dasar protein sangat baik untuk membangun imunitas pada anak-anak. Ibu bisa membuat masakan berbahan telur, daging, juga unggas. Telur adalah gudang vitamin, mineral, dan antioksidan penting bagi perkembangan anak. Omega-3 yang terkandung dalam telur juga bisa memaksimalkan fungsi otak anak. Sementara daging dan unggas tanpa lemak juga mengandung mineral dan seng untuk peningkatan sel darah putih melawan infeksi. Alternatif menu yang bisa Anda buat misalnya, semur ayam, bisa dikombinasi dengan telur rebus baik telur ayam atau burung puyuh. Bisa juga semur daging.

  • Seng

Protein dan seng sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, kedua zat tersebut banyak dijumpai dalam jamur. Berbagai jenis jamur diketahui memiliki efek antibakteri, antivirus, bahkan antikanker.  Anda bisa membuat variasi pemberian jamur ini mulai dari ditumis hingga dijadikan toping makanan kesukaannya.

  • Sayuran

Sudah luas diketahui, sayuran merupakan sumber makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh yang efektif. Semua jenis sayuran direkomendasikan, namun ahli menyebutkan bayam dan brokoli sebagai sayuran super yang kaya manfaat. Bayam kaya akan vitamin A, E, C, dan K,  folat, mangan, seng, selenium, dan zat besi. Sementara brokoli yang dianggap sebagai sayuran super nutrisi, mengandung sejumlah penguat sistem kekebalan tubuh, seperti vitamin C, A, dan E dan antioksidan. Anda bisa mengolahnya menjadi sayur bening bayam, cah brokoli atau bahkan brokoli goreng salut tepung agar si kecil bersemangat melahapnya.

  • Ikan
    Selain itu, masih ada ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang berguna untuk meningkatkan aktivitas sel-sel tubuh. Ikan jenis salmon dan tuna, disarankan sebagai menu masakan untuk meningkatkan imunitas tubuh si kecil. Kandungan omega-3 bermanfaat untuk kecerdasan otak anak, di samping dapat dapat mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara, dan melindungi paru-paru dari pilek dan infeksi pernapasan. Sejumlah penelitian juga menyebutkan lemak omega-3 ini dapat meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh.
Suka artikel ini? Ayo bagikan!