Menyusui saat Flu? Boleh Kok, Ini Syaratnya

Ada kalanya ketika daya tahan tubuh lagi turun, ibu terserang flu. Semua orang tahu, flu gampang menular pada orang lain. Di satu sisi, ada bayi yang butuh disusui. Kalau tetap menyusui, takut bayinya ketularan. Kalau tidak disusui, kasihan bayinya. Harus gimana dong?

Ibu, saat terkena flu, Ibu tetap boleh menyusui kok. Tapi untuk meminimalisasi risiko bayi tertular virus flu, Ibu harus melakukan antisipasi. Nah, langkah antisipasi yang harus dilakukan adalah berikut ini:

  • Cuci tangan dulu

Cuci tangan dulu sebelum menyusui. Bersihkan juga area sekitar payudara ibu dengan lap yang dibasahi air hangat. Setelah itu barulah Ibu bisa menyusui.

  • Pakai masker

Selama menyusui, pakailah masker yang menutupi hidung dan mulut. Jangan lepaskan masker kalau bayi belum berhenti menyusu atau masih dalam pangkuan Ibu. Pemakaian masker gunanya untuk menghambat potensi penularan virus penyebab sakit flu.

  • Jangan cium bayi

Selama Ibu menyusui, jangan cium bayi. Tahan diri untuk tidak mencium bayi walaupun sudah mengenakan masker. Ingat, virus flu sangat mudah menular.

  • Jaga konsumsi makanan

Jangan lupa mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar cepat sembuh ya Bu. Makanan penuh nutrisi akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu sehingga ibu segera sembuh dari flu.

  • Banyak istirahat

Istirahat yang banyak selama terserang flu juga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh Ibu.

  • Minum obat bila perlu untuk mempercepat kesembuhan.

Setiap obat yang hendak dikonsumsi harus dikonsultasikan dengan dokter. Karena ibu menyusui tidak boleh minum obat sembarangan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!