Merawat Bayi di Era Tatanan Hidup Baru, Ini Panduannya

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Belum ada kejelasan pasti kapan wilayah Indonesia bebas dari pandemic ini. Pemerintah pun mencanangkan era new normal atau tatanan hidup baru. Intinya, masyarakat mulai menyambut kehidupan normal, namun dengan memperhatikan protokol kesehatan karena hidup harus dijalani di tengah-tengah ancaman Covid-19.

Bagi orangtua yang memiliki bayi di tengah pandemi, adalah sebuah tantangan tersendiri untuk merawat si buah hati. Bagaimana menjaga bayi tetap sehat di tengah ancaman virus Corona. Apa saja prosedur yang harus dijalani? Semua tentu dikonsultasikan dengan dokter anak. Namun secara garis besar inilah protokol merawat bayi yang mesti diperhatikan oleh setiap orangtua:

  • Jaga jarak

Terapkan protokol physical distancing dengan ketat. Sedapat mungkin jaga bayi tetap di rumah. Hindarkan bayi dari kerumunan dan tempat-tempat di mana Anda kesulitan menjaga jarak aman.

  • Jaga kebersihan

Jaga selalu kebersihan lingkungan di mana bayi berada. Cuci tangan dengan sabun harus dilakukan setiap orang yang akan menyentuh bayi atau masuk ke kamar bayi.

  • Konsultasi online

Konsultasi dengan dokter anak Anda, sedapat mungkin dilakukan secara online. Manfaatkan teknologi messenger atau aplikasi pesan digital semaksimal mungkin daripada menemui dokter secara langsung. Dalam keadaan darurat, ikuti prosedur yang disarankan dokter.

  • Teknis vaksinasi

Vaksinasi ataupun imunisasi sangat penting bagi setiap bayi untuk melindunginya dari berbagai macam penyakit. Diskusikan teknik vaksinasi dengan dokter anak Anda. Tetap laksanakan prosedur vaksinasi namun tentukan waktu dan teknis yang aman untuk bayi.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!