Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Calon Ibu Harus Tahu

Salah satu kegiatan paling menyenangkan saat trimester ketiga adalah menyiapkan aneka perlengkapan buat bayi yang akan lahir. Sambil menunggu hari-hari persalinan, tak ada salahnya calon ibu jalan-jalan cuci mata sambil membeli perlengkapan bayi yang mungkin kelewatan. Ini dia perlengkapan buat bayi baru lahir yang setiap calon ibu harus tahu dan sebaiknya sudah disiapkan sebelum persalinan:

  • Perlak.

Perlak tak hanya berfungsi sebagai alas tidur bayi, tapi juga buat alas saat bayi habis mandi. Bayi dalam keadaan basah, tentu berisiko kalau langsung menidurkannya di kasur. Dengan bahan yang terdiri dari lapisan microfiber dan waterproof , perlak bisa melindungi kasur agar tidak basah, kotor dan bau ketika bayi pipis. Ada beberapa jenis perlak. Calon ibu bisa memilih di toko perlengkapan bayi sesuai dengan selera, kebutuhan dan budget yang ada.

  • Alas kain

Alas kain untuk bayi biasanya terbuat dari kain flannel yang sangat lembut. Gunanya untuk melapisi perlak, agar bayi merasa lebih nyaman saat tidur. Alas kain juga bisa sekaligus menjadi selimut bayi di saat dingin. Bisa juga difungsikan menjadi bedong bayi saat diperlukan.

  • Pakaian bayi

Pakaian bayi baru lahir terdiri dari baju bayi, celana panjang dan pendek, singlet, kaus kaki dan jangan lupa sarung tangan. Untuk bayi baru lahir, bentuk pakaian antara laki-laki dan perempuan tidak jauh berbeda. Pastikan Anda memilih yang bahannya lembut, sehingga bayi akan merasa nyaman mengenakannya. Kuku bayi baru lahir itu lumayan tajam. Sedangkan kulit bayi masih sangat tipis. Sarung tangan berfungsi untuk mencegah bayi mencakar dan melukai muka dan bagian tubuhnya sendiri.

  • Celemek.

Celemek bagi bayi baru lahir berfungsi untuk menjaga baju dan tubuh bayi tetap kering saat dia menyusu. Apalagi kalau bayi sampai gumoh/muntah, celemek akan menjaga pakaian dan bagian tubuh tidak basah. Pilihlah celemek dari bahan yang lembut dan menyerap air.

  • Popok

Zaman dahulu popok berupa kain yang harus diganti setiap kali bayi pipis atau buang air besar. Zaman sekarang, tersedia aneka popok yang bagus bagi bayi baru lahir sekalipun, di toko-toko dan supermarket. Pilih popok yang berkualitas dengan bahan lembut yang menyerap cairan dengan maksimal.

  • Tempat tidur bayi dan kelambu

Tempat tidur bayi perlu disiapkan walau tak akan terlalu lama digunakan. Pastikan tempat tidur bayi dilengkapi dengan kelambu, untuk menjaga bayi dari gigitan nyamuk.

  • Perlengkapan kebersihan

Sejumlah perlengkapan untuk menjaga kebersihan bayi juga perlu disiapkan. Di antaranya kapas, tisu basah, cotton buds khusus bayi. Baby oil juga diperlukan untuk membantu membersihkan daerah sekitar telinga, kepala dan lainnya.

  • Gendongan

Para ibu zaman dahulu menggendong bayi dengan kain batik. Kini gendongan sangat variatif, bisa dipilih yang sesuai selera dan kebutuhan.

  • Perlengkapan mandi

Perlangkapan mandi untuk bayi baru lahir berupa ember bayi, handuk yang lembut, sabun dan sampo. Ember bayi yang bagus adalah yang bahannya bagus, kokoh, tidak ada sudutnya, dilengkapi lengkungan untuk duduk dan tidak terlalu dalam.

Semoga informasi di atas membantu para calon ibu untuk mempersiapkan perlengkapan buat buah hati yang akan lahir.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!