Takut Memandikan Bayi? Coba Langkah Mudah Ini

Salah satu tantangan menjadi orangtua baru adalah memandikan bayi. Faktanya, banyak ibu baru atau ayah baru yang tidak pede memandikan bayinya sendiri. Tugas ini akhirnya dilimpahkan kepada nenek si bayi, ibu bidan yang dipanggil ke rumah setiap hari atau baby sitter. Memandikan bayi memang bukan pekerjaan yang gampang. Namun sesungguhnya juga tidak sesulit itu lho.

Langkah-langkah berikut ini bisa dipraktikkan oleh ibu atau ayah yang baru yang ingin mengurus bayi dengan tangannya sendiri:

  • Siapkan bak kecil, isi dengan air hangat atau suam-suam kuku.
  • Siapkan peralatan mandi seperti washlap, sabun dan sampo bayi di dekat bak. Handuk dibeber sekalian dan tempatkan baju gantinya sekalian di dekatnya.
  • Buka baju Ananda. Lalu basahi wajah, tangan, kaki, badan dan organ vital bayi dengan dengan washlap.
  • Masukkan tangan kiri ke bawah leher bayi, pegang ketiak bayi dengan telapak tangan kiri Anda. Pegangan yang lembut tapi kuat. Posisi kepala bayi berada di pergelangan tangan. Tangan kanan bertugas mengangkat tubuh bayi dan meletakkannya ke bak mandi.
  • Biarkan sebagian tubuh bayi masuk ke air. Sedangkan kepala tetap berada di atas air ditopang oleh lengan dan pergelangan tangan yang memandikan. Agar posisinya lebih kuat, sandarkan lengan Anda di salah satu sisi bak mandi.
  • Setelah tubuh bagian bawah bayi berada di air, tangan kanan bebas dan bisa difungsikan untuk membasuh dan membersihkan bagian-bagian tubuh bayi. Dimulai dari kepala dan wajah, lalu tubuh dan kaki. Jangan lama-lama, cukup 3-5 menit saja. Setelah selesai, angkat tubuh bayi dan langsung bungkus dengan handuk.
  • Bayi sehat sekecil apapun akan suka dimandikan di dalam air. Apalagi bila tinggal di Indonesia dengan  udara yang lembab.
  • Keringkan tubuh bayi. Balurkan minyak telon khusus buat bayi baru lahir. Lalu segera pakaikan baju ganti.

Kunci memandikan bayi adalah ketenangan dan konsentrasi. Jangan sampai perhatian teralihkan ketika memandikan bayi. Tuntaskan semua aktivitas seperti memasak atau yang lainnya sebelum mulai memandikan bayi. Saat memandikan bayi harus fokus untuk menghindari risiko kecelakaan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!