Tanda Kelainan Jantung pada Anak

Penyakit jantung diketahui merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Penyakit jantung pada orang dewasa diketahui salah satunya terjadi akibat gaya hidup yang buruk. Namun pada anak-anak, kelainan jantung diketahui merupakan suatu penyakit bawaan, yang terjadi sejak si anak masih berada dalam kandungan. Ada ciri-ciri yang bisa dilihat pada anak dengan kelainan jantung bawaan (PJB). 

PJB merupakan kelainan yang dialami anak sejak lahir akibat pembentukan jantung yang tidak sempurna saat di kandungan. Ciri-cirinya bisa dikenali sejak bayi baru lahir, namun bisa juga baru diketahui saat si anak tumbuh agak besar hingga usia bawah lima tahun (Balita). Saat baru lahir, bayi dengan PJB akan mengalami biru di sekitar bibir, mulut, serta ujung-ujung jari tangan dan kakinya. Bahkan ketika si bayi tidak menangis, di bagian tubuhnya akan tampak membiru. Ada pula yang ciri-ciri biru baru terlihat beberapa jam setelah bayi lahir. Menurut ahli kesehatan, kondisi ini terjadi bila anak mengalami penyakit jantung bawaan kompleks dan kritis.

Bayi dengan penyakit jantung bawaan biasanya akan mengalami gangguan saat menyusu. Dia tidak mampu menyedot air susu ibu (ASI) dengan kuat, napasnya tersengal-sengal, akibatnya menyusunya lama karena terputus-putus. Karena tidak kuat menyusu, maka perkembangan bayi pun bisa terhambat. Berat badan bisa kurang dari berat badan rata-rata usianya. Anak dengan down syndrome patut diduga memiliki PJB. Menurut penelitian, sepertiga dari kasus anak dengan down syndrome juga memiliki PJB. 

Anak dengan kelainan jantung akan mengalami pertumbuhan yang lambat dan daya tahan tubuh rendah. Ia akan mudah sakit, sementara berat badan yang tidak meningkat secara signifikan sesuai usia.  Anak juga mudah lelah, karena itu ia akan malas melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Jika Anda menjumpai tanda-tanda tersebut pada anak Anda, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter. Evaluasi menyeluruh diperlukan untuk mendapatkan diagnosis yang tegak dan penanganan yang tepat. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!