Tips dan Etika Ajak Balita Makan di Restoran

Mengajak Balita makan di tempat umum seperti restoran,  bukan hal mudah. Balita cenderung sulit untuk diam dan sewaktu-waktu bisa rewel. Tentu nggak asyik kan, maksudnya mau makan enak tapi anak malah rewel. Nah diperlukan tips khusus saat mengajak anak Balita kita makan di restoran.

  • Pilih yang restoran konsep tertentu

Sejak awal harus dipilih restorannya. Pilih restoran yang luas sehingga anak punya ruang untuk bergerak. Syukur kalau ada arena bermainnya. Bisa juga pilih yang berkonsep resort. Apabila restorannya berkonsep duduk di kursi, pastikan ada high chairs untuk anak. Jangan bawa anak ke tempat yang sehari-harinya terlalu ramai pengunjung sehingga anak tak punya ruang gerak. Perhatikan juga apakah tempatnya membuat para pengunjung gerah, kalau iya, itu tidak nyaman buat anak-anak, seenak apapun menunya.

  • Bawa mainan kesayangan

Makan di restoran, kadang harus menunggu lama. Oleh karena itu boleh bawakan mainan. Misalnya boneka atau hotwheels kesayangan. Sembari menunggu makanan datang, anak bisa diajak jalan-jalan berkeliling dan bermain yang tak mengganggu pengunjung lainnya.

  • Pilih tempat dekat akses keluar

Pilih lokasi makan di dekat akses keluar. Jadi sewaktu-waktu anak merengek, bisa diajak keluar sebentar, kemudian balik lagi. Atau bila dia mendesak untuk pulang, bisa langsung keluar tanpa harus melalui banyak pengunjung.

  • Ajak memilih makanan

Anak akan suka diajak memilih makanan. Jelaskan  tentang menu-menu yang ada dan biarkan dia memilih sendiri mana yang sesuai dengan seleranya. Ini juga merupakan cara agar anak-anak mengenal aneka jenis makanan.

  • Jangan dudukkan anak di meja

Hal terlarang yang sangat penting diketahui adalah mendudukkan anak di meja. Sekalipun itu bayi satu bulan, tidak sopan menaruhnya di meja tempat makanan. Tindakan seperti ini sangat tidak pantas dilakukan orang beradab. Selain itu secara langsung ini mengajarkan anak untuk ikut berbuat tidak sopan. Meja adalah tempat menaruh makanan. Bukan untuk duduk manusia.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!