Tips Liburan Bersama Si Kecil tanpa Rewel

Liburan dengan anak-anak atau bayi itu bagi sejumlah orangtua adalah pengalaman yang ngeri-ngeri sedap. Tantangan yang sering dialami adalah ketika anak rewel di tengah perjalanan, atau malah saat seharusnya asyik menikmati destinasi wisata. Akhirnya bukannya liburan yang indah yang didapat, tapi kesibukan menenangkan si kecil yang cukup menguras energi.

Agar liburan bersama si kecil menyenangkan tanpa harus diwarnai rewel, memang harus mengetahui trik dan tipsnya. Liburan dengan si kecil tanpa rewel, mengapa tidak? Ini yang Ibu perlu lakukan:

  • Pilih jam keberangkatan/penerbangan

Pemilihan jam keberangkatan cukup mempengaruhi suksesnya liburan dengan si kecil. Yang harus dilakukan adalah memilih jam keberangkatan maupun penerbangan yang larut malam atau malah pagi buta, saat jam tidur si kecil. Bawa si kecil dan tidurkan dengan nyaman. Jadi saat perjalanan si kecil dalam keadaan tidur. Ketika bangun, dia sudah berada di destinasi yang dituju.

  • Perhatikan jadwal istirahat

Anak-anak di bawah lima tahun dan bayi masih membutuhkan jam tidur yang banyak. Maka perhatikan jam istirahatnya. Beri jeda dari satu destinasi ke destinasi selanjutnya untuk kembali ke penginapan. Tujuannya memberi waktu bagi si kecil tidur siang dengan kualitas yang baik. Lanjutkan mengunjungi destinasi selanjutnya setelah memberikan hak istirahat si kecil.

  • Serap informasi tentang destinasi yang dikunjungi

Banyaklah membaca tentang destinasi yang akan dikunjungi. Bagaimana cuacanya? Apakah ada toko yang bisa memenuhi kebutuhan mendadak? Adakah akses dan sarana kesehatan bila diperlukan? Sesuaikan perbekalan dan pakaian dengan kondisi dan cuaca saat itu.

  • Utamakan kenyamanan busana

Bawa pakaian yang sesuai dengan destinasi yang akan dikunjungi. Sesuaikan juga dengan cuacanya. Jangan lupa bawa jaket tebal bila mengunjungi tempat yang cuacanya dingin. Sebaliknya bawa baju-baju ringan yang menyerap keringat bila destinasinya panas. Perlengkapan berenang dari baju hingga kacamata jangan lupa dibawa kalau tujuannya adalah wahana air ataupun pantai. Dari semua itu, syarat busana untuk si kecil harusnya nyaman dipakai.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!