Tips Mengatasi Balita Susah Tidur di Cuaca Panas

Meski cuaca sudah menunjukkan tanda-tanda memasuki musim penghujan, suhu udara panas masih saja terasa di berbagai daerah di Tanah Air. Bahkan di malam hari, cuaca panas menimbulkan rasa gerah yang mengganggu kenyamanan beristirahat, apalagi bila tidak ada pendigin ruangan dalam kamar. Bagi orang dewasa, hal ini mungkin tidak akan terlalu menganggu. Beda halnya dengan bayi dan anak usia bawah lima tahun (Balita) yang belum memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dengan lingkungan. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Balita yang susah tidur di cuaca panas:

  • Alas tidur katun

Tips pertama, pastikan alas tidur si kecil dilapisi dengan seprei yang berbahan katun yang lembut dan menyerap keirngat. Alas tidur yang kasar dan berbahan nonkatun akan membuat kulit si kecil tidak nyaman. Hindari sementara penggunaan perlak pastik, yang justru akan membuat si kecil berkeringat.

  • Hindari pakaian tebal

Hindari memakaikan pakaian anak yang berbahan tebal atau kaku. Jika si kecil masih menggunakan popok, pilihlah popok katun bukan popok sekali pakai. Popok sekali pakai biasanya masih mengandung bahan plastik sehingga dapat menambah rasa gerah. Jika perlu, si kecil boleh tidur cukup mengenakan popok (celana dalam) dan kaus singlet saja agar nyaman.

  • Buka jendela

Bukalah jendela kamar yang terhubungan dengan ruang terbuka, agar sirkulasi udara lancar dan suhu panas ruangan dapat bertukar dengan udara sejuk malam hari. Namun, perlu diperhatikan, jangan letakkan tempat tidur anak tepat di samping atau sebelah jendela, agar si kecil tidak terkena langsung jika ada tiupan angin dari luar. Jika tidak ada jendela, Anda boleh menggunakan kipas angin, dan membuka pintu kamar. Pantulkan arah kipas angin ke tembok, agar tidak mengenai langsung tubuh si kecil.

  • Tercukupi kebutuhan cairan

Pastikan si kecil tercukupi cairan tubuhnya. Suhu udara yang panas membuat tubuh juga membutuhkan hidrasi yang lebih banyak. Pantau terus kondisi anak jika mungkin dia kehausan. Segera beri ASI atau air putih untuk menjaga kecukupan cairan tubuh si kecil. Selain itu, sebelum berangkat tidur, coba mandikan si kecil dengan air dingin. Jika  tidak memungkinkan untuk mandi, Anda bisa menyeka tubuh si kecil dengan air dingin. Badan yang bersih dan segar akan membuat si kecil nyaman beristirahat.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!