Tips Mengatur Pola Makan Si Kecil Pascalebaran

Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh kaum umat Islam di mana pun berada. Setelah berpuasa sebulan penuh, Lebaran adalah saatnya merayakan kemenangan. Lumrahnya perayaan, beragam hidangan terbaik pun tersaji di meja. Tidak hanya makanan berat, camilan berupa kue-kue khas Lebaran pun tersaji lengkap. Untuk anak-anak yang sudah bisa berpuasa selama Ramadan tentu gembira dengan aneka makanan yang tersaji. Rendang, gulai, opor, ketupat, manisan, kue kering lumrah menjadi santapan selama libur Lebaran. Anak-anak pun turut mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, gula bahkan kolesterol. Tapi tunggu dulu, ada baiknya, setelah Lebaran para ibu segera kembali mengatur pola makan si kecil, agar segera kembali pada diet gizi yang seimbang. Pasca Lebaran ada baiknya para Ibu kembali menerapkan pola makan yang baik. Nah, berikut tips mengatur pola makan yang wajib Anda praktikkan:

1. Perbanyak buah dan sayur

Konsumsi daging-dagingan saat Lebaran harus segera dinetralkan dengan asupan sayur dan buah yang banyak. Fungsinya tentu saja untuk meringankan kerja sistem pencernaan. Ibu bisa memasak sayur segar yang disukai anak-anak seperti sayur bayam atau sop. Jika anak sudah terbiasa mengonsumsi sayuran mentah, bisa juga Ibu membuat salad campuran buah dan sayur sebagai variasi.


2. Libur dulu dari masakan berbahan santan dan daging berlemak

Pascalebaran, sebaiknya hindari menyantap makanan rumahan yang tinggi lemak dan dibuat dari santan. Sebagai ganti daging, untuk asupan protein, Ibu bisa memilih ikan atau telur sebagai menu masakan. Jika ingin masakan berkuah, sebisa mungkin hindari masakan yang memakai santan sebagai bahan pendukung.

3. Jangan mengonsumsi junk food

Mungkin orangtua masih lelah setelah kembali dari mudik Lebaran. Tapi jangan jadikan hal itu sebagai alasan untuk tidak memasak bagi si kecil, dan memilih memberi mereka junk food yang praktis. Seperti diketahui, makanan cepat saji atau junk food memang enak di lidah, pun mengenyangkan. Namun makanan ini tidak mengandung nilai gizi yang dibutuhkan oleh anak-anak.

4. Buatkan smoothie untuk si kecil

Saat Lebaran, si kecil tentu dimanjakan dengan sirup, manisan juga kue–kue yang mengandung banyak gula. Nah, sebagai gantinya, buatkan mereka smoothie dengan paduan buah, susu, selai kacang, dan tambahan lain seperti biji-biian dan kacang yang sehat untuk tubuh.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!