Amankah Mewarnai Rambut Saat Hamil?

Saat hamil, seorang calon ibu biasanya sangat hati-hati dalam melaksanakan berbagai aktivitas. Takut apa yang dilakukan akan memberi dampak buruk pada bayi di kandungan. Termasuk aktivitas mewarnai rambut. Sebenarnya aman tidak ya dilakukan selagi hamil?

Ibu, aktivitas mewarnai rambut menurut referensi yang ada sejauh ini aman kok dilakukan selama kehamilan. Dilansir Babycenter, Organization of Teratology Informatin Specialist  (OTIS)/ Organisasi Spesialis Informasi Teratologi  yang mengumpulkan dan memberikan informasi tentang potensi risiko reproduksi menyatakan demikian. OTIS melakukan penelitian dengan mengamati hewan hamil yang terpapar pewarna . Hasilnya menunjukkan tidak ada alasan untuk khawatir.

Tidak ada laporan tentang pewarna rambut yang menyebabkan perubahan pada kehamilan manusia. Apalagi faktanya banyak wanita mewarnai rambut mereka selama kehamilan. Untuk diketahui, sangat sedikit bahan kimia pewarna rambut yang benar-benar diserap ke dalam sistem tubuh manusia saat proses pewarnaan.

Meskipun demikian, pewarna rambut tetaplah zat kimia. Bahkan beberapa pewarna yang diklaim “alami” sesungguhnya mengandung bahan kimia sintetis. Para peneliti terus menyelidiki apakah zat-zat ini mungkin berbahaya bagi bayi yang sedang berkembang. Jika Anda memutuskan untuk mewarnai rambut saat hamil, berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan:

  • Tunggu sampai trimester kedua untuk mewarnai rambut, setelah tahap kritis perkembangan organ bayi Anda selesai.
  • Alih-alih menggunakan seluruh warna rambut, pertimbangkan proses seperti melesat, menyoroti, mengecat, atau membekukan, di mana bahan kimia memiliki sedikit atau tidak sama sekali kontak dengan kulit kepala Anda. Asumsinya, pewarna rambut apapun yang diserap ke dalam sistem tubuh Anda akan datang melalui kulit Anda, bukan melalui batang rambut.
  • Jika Anda memilih untuk mewarnai rambut Anda sendiri, kenakan sarung tangan dan bekerja di ruang yang berventilasi baik untuk meminimalkan paparan Anda terhadap bahan kimia yang digunakan dalam proses pewarnaan.
  • Jangan biarkan pewarna lebih lama dari yang diperlukan, dan pastikan kulit kepala Anda dibilas secara menyeluruh pada akhir proses.

Nah jelas ya. Jadi kalau mau mewarnai rambut agar tetap tampil gaya saat hamil, tidak masalah. Namun sebaiknya ikuti tips-tips di atas.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!