Awas Kegemukan Saat Hamil!

Tak sedikit ibu hamil yang mengalami kegemukan. Berat badan naik drastis hingga di atas 30 kg. Selain bentuk tubuh jadi nggak karu-karuan, kegemukan saat hamil dapat mengakibatkan beberapa hal lainnya yang cukup mengganggu. Misalnya sesak napas, mudah kegerahan, lekas lelah dan susah tidur karena sulit mendapatkan posisi tidur yang nyaman. Bahkan penelitian Dr Sarah Arrowsmith dari Universitas Liverpool, Inggris (2007) menyebutkan, 50% ibu obesitas meninggal sesaat setelah bersalin.

Oleh karena itu, kegemukan saat hamil memang sebaiknya dihindari. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh ibu hamil agar terhindar dari kegemukan:

  • Pemeriksaan rutin

Lakukan pemeriksaan prenatal sesuai jadwal. Pemeriksaan rutin ini sangat penting untuk memantau kesehatan ibu hamil. Pantau penambahan berat badan. Penambahan berat badan ibu hamil idealnya 7 kg hingga 11,5 kg saja. Bila sebelum hamil sudah mengalami obesitas, usahakan penambahan berat badan sekitar 6 kg saja. Pastikan juga tekanan darah tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ketika tekanan darah terlalu tinggi, ibu berisiko mengalami eklampsia yaitu kejang saat bersalin yang bisa berakibat fatal bagi ibu dan juga bayi yang dilahirkan.

  • Atur pola makan

Ibu hamil tidak boleh diet ketat, namun harus mengatur pola makan. Kebutuhan asupan kalori 2.000-2.300 kalori per hari. Tetap penuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan menu gizi seimbang. Namun perhatikan setiap asupan. Sebaiknya ganti camilan yang berlemak tinggi dengan buah-buahan atau sayuran yang berserat tinggi.

  • Olahraga aman

Ibu hamil disarankan melakukan olahraga yang aman. Berenang ataupun jalan kaki sangat baik untuk meregangkan otot-otot tubuh secara keseluruhan.  Senam hamil juga baik dilakukan untuk melatih otot di sekitar pangkal paha, sehingga membantu lancarnya persalinan.

  • Konsultasi dokter

Langsung konsultasilah ke dokter kandungan Anda bila merasakan tubuh tidak nyaman. Misalnya bila Anda merasakan sakit di seluruh atau sebagian tubuh, bengkak di kaki dan tangan, kegerahan yang berlebihan dan berkepanjangan. Sebaiknya Anda menyimpan nomor dokter langganan dan mempunyai akses untuk cepat terhubung misal melalui aplikasi pesan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!