Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Hamil Jadi Doyan Makan dan Ngemil, Harus Bagaimana?

Selain rasa mual, ibu-ibu hamil pada umumnya juga akan sering sekali merasa lapar, terutama ketika masa kehamilan awal atau trimester pertama. Tak heran jika ibu hamil jadi doyan makan dan ngemil, termasuk ketika terbangun dari tidur di tengah malam.  Hal ini mungkin ada juga yang berlanjut di trimester kedua, bahkan kadang sampai trimester ketiga. 
Sebenarnya itu wajar saja, mengingat ada janin yang tumbuh dan berkembang pesat di dalam rahim ibu. Selain oleh ibu, nutrisi asupan makanan ke dalam tubuh ibu juga diserap janin untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. 
Tapi ingat, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengelola rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan tersebut. Sebab bila berlebihan justru bisa berdampak negatif terhadap kesehatan ibu dan mempengaruhi tumbuh kembang calon bayinya, contohnya obesitas atau mengalami gangguan pencernaan. Berikut beberapa hal yang harus ibu hamil perhatikan:

  • Tetap sarapan
    Usahakan agar ibu tetap sarapan di pagi hari meskipun rasa mual melanda. Pilihlah menu makanan sehat yang tidak memicu rasa mual misalnya roti atau sereal gandum.
  • Jangan asal
    Meskipun rasa lapar sering melanda, ibu hamil jangan asal makan dan jangan asal kenyang. Perhatikan kandungan gizi seimbang dalam makanan maupun cemilan yang ibu makan agar kebutuhan nutrisi baik ibu maupun janin tercukupi, tanpa menimbun terlalu banyak kalori dalam tubuh. Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil terutama protein, karbohidrat, kalsium, folat, dan zat besi. Selain itu juga vitamin A, C, B6, B12, dan D.
  • Porsi makan kecil tapi sering
    Ada janin dalam rahim ibu bukan berarti ibu harus makan dengan porsi untuk 2 orang. Sebab janin tidak membutuhkan asupan makanan sebesar porsi dewasa. Makanlah dengan porsi kecil tapi sering. Pilihlah makanan sehat, segar, dan kaya akan serat, misalnya sayur dan buah, serta kurangi mengonsumsi makanan cepat saji.
  • Sering minum air putih 
    Ibu hamil butuh lebih banyak cairan daripada biasanya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut ibu hamil perlu minum air putih setidaknya 12-13 gelas per hari. Bisa ditambah dengan makan buah yang kaya akan air seperti jeruk atau semangka.
  • Olahraga
    Agar tetap bugar, tetaplah berolahraga. Tapi pilihlah jenis olah raga yang aman untuk ibu hamil. Selain itu ibu hamil juga harus memiliki jam istirahat atau tidur yang cukup dan hindari pemicu stres.
Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Kehamilan

  • Selulit Pascamelahirkan? Bahan-Bahan Ini Akan Bantu Mengatasi

    Selulit Pascamelahirkan? Bahan-Bahan Ini Akan Bantu Mengatasi

    Hamil dan melahirkan pada umumnya menjadi momen yang membahagiakan bagi seorang wanita. Namun banyak wanita yang kemudian mengalami stretch mark atau selulit di kulitnya hingga mempengaruhi penampilan...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 8, 2021
  • Mengenal PCO dan PCOS, Apa Sih Bedanya?

    Mengenal PCO dan PCOS, Apa Sih Bedanya?

    Anda pernah menyimak kisah selebritis kocak, Fitri Tropica, yang sempat susah hamil karena mengalami sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS)? Di sisi lain, mungkin Anda juga p...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 1, 2021
  • Gusi Bengkak saat Hamil, Atasi dengan Cara Ini

    Gusi Bengkak saat Hamil, Atasi dengan Cara Ini

    Di tengah kebahagiaan menantikan kehadiran si kecil, beberapa ibu hamil mungkin harus mengalami permasalahan atau kondisi yang tidak nyaman baginya. Salah satunya jika ia mengalami peradangan pada gus...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Maret 30, 2021
  • Tetap Menyusui saat Hamil Lagi? Perhatikan Ini Ya, Bu!

    Tetap Menyusui saat Hamil Lagi? Perhatikan Ini Ya, Bu!

    Kehamilan tanpa direncanakan pada saat anak pertama masih bayi atau terlalu kecil dan belum siap untuk disapih, pada umumnya akan membuat sang ibu merasa khawatir dan bingung. Haruskah ibu berhenti me...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Maret 3, 2021
  • Sembelit saat Hamil? Begini Tips Mengatasinya

    Sembelit saat Hamil? Begini Tips Mengatasinya

    Sebelum hamil, buang air besar (BAB) biasanya bisa rutin dilakukan setiap hari. Tapi mengapa saat hamil frekuensi BAB-nya menjadi lebih jarang? Bahkan mungkin Ibu tidak bisa BAB sampai berhari-hari? M...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Maret 2, 2021

Artikel Populer