Hamil Jadi Doyan Makan dan Ngemil, Harus Bagaimana?

Selain rasa mual, ibu-ibu hamil pada umumnya juga akan sering sekali merasa lapar, terutama ketika masa kehamilan awal atau trimester pertama. Tak heran jika ibu hamil jadi doyan makan dan ngemil, termasuk ketika terbangun dari tidur di tengah malam.  Hal ini mungkin ada juga yang berlanjut di trimester kedua, bahkan kadang sampai trimester ketiga. 
Sebenarnya itu wajar saja, mengingat ada janin yang tumbuh dan berkembang pesat di dalam rahim ibu. Selain oleh ibu, nutrisi asupan makanan ke dalam tubuh ibu juga diserap janin untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. 
Tapi ingat, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengelola rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan tersebut. Sebab bila berlebihan justru bisa berdampak negatif terhadap kesehatan ibu dan mempengaruhi tumbuh kembang calon bayinya, contohnya obesitas atau mengalami gangguan pencernaan. Berikut beberapa hal yang harus ibu hamil perhatikan:

  • Tetap sarapan
    Usahakan agar ibu tetap sarapan di pagi hari meskipun rasa mual melanda. Pilihlah menu makanan sehat yang tidak memicu rasa mual misalnya roti atau sereal gandum.
  • Jangan asal
    Meskipun rasa lapar sering melanda, ibu hamil jangan asal makan dan jangan asal kenyang. Perhatikan kandungan gizi seimbang dalam makanan maupun cemilan yang ibu makan agar kebutuhan nutrisi baik ibu maupun janin tercukupi, tanpa menimbun terlalu banyak kalori dalam tubuh. Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil terutama protein, karbohidrat, kalsium, folat, dan zat besi. Selain itu juga vitamin A, C, B6, B12, dan D.
  • Porsi makan kecil tapi sering
    Ada janin dalam rahim ibu bukan berarti ibu harus makan dengan porsi untuk 2 orang. Sebab janin tidak membutuhkan asupan makanan sebesar porsi dewasa. Makanlah dengan porsi kecil tapi sering. Pilihlah makanan sehat, segar, dan kaya akan serat, misalnya sayur dan buah, serta kurangi mengonsumsi makanan cepat saji.
  • Sering minum air putih 
    Ibu hamil butuh lebih banyak cairan daripada biasanya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut ibu hamil perlu minum air putih setidaknya 12-13 gelas per hari. Bisa ditambah dengan makan buah yang kaya akan air seperti jeruk atau semangka.
  • Olahraga
    Agar tetap bugar, tetaplah berolahraga. Tapi pilihlah jenis olah raga yang aman untuk ibu hamil. Selain itu ibu hamil juga harus memiliki jam istirahat atau tidur yang cukup dan hindari pemicu stres.
Suka artikel ini? Ayo bagikan!