Hamil jadi Sebel Sama Bau Suami. Normalkah?

Untuk para ayah, jangan kaget ya jika istri Anda yang sedang hamil mendadak berubah sikapnya. Bisa jadi ketika Anda dekati, istri tiba-tiba langsung menjauh dari Anda sambil menutup hidungnya. Jangan tersinggung atau buru-buru ngambek ya, Ayah! 

Kehamilan memang akan membawa berbagai perubahan pada wanita. Salah satunya indra penciuman ibu yang menjadi lebih sensitif. Termasuk terhadap bau tubuh suaminya sendiri. Sekalipun sang suami sudah mandi pakai sabun wangi dan menggosok gigi, bahkan menggunakan parfum yang sebelumnya sangat disukai istri, bisa jadi istri justru menjadi tidak suka dan tetap tidak mau mendekat. 

Kondisi seperti itu sebenarnya normal kok, Ayah-Ibu! Perubahan tersebut terjadi karena pengaruh perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil, terutama hormon estrogen yang meningkat drastis dan cepat. Ini biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan. Namun ada pula yang mengalami sampai trimester ketiga kehamilan. 

Menyikapi kondisi ibu hamil yang seperti ini, sebaiknya Ayah memahaminya. Itu bukan berarti Ibu tidak cinta lagi pada Ayah, lho! Diharapkan Ayah bersabar dan tetap memberikan perhatian untuk istri tercinta yang sedang mengandung buah hati Ayah dan Ibu. Proses perubahan hormon dengan efek yang aneh-aneh seperti ini hanya akan terjadi sementara. Tak lama lagi semua akan normal kembali.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!