Hati-Hati, Menu ini Perlu Dihindari Bumil saat Lebaran

Saat Lebaran biasanya menjadi ajang pelepas rindu pada makanan khas yang hanya muncul di awal Bulan Syawal tersebut. Namanya juga rindu, akibatnya tak jarang hal itu membuat banyak orang jadi mengonsumsinya berlebihan. Padahal, menu makanan di saat Lebaran biasanya tak jauh-jauh dari olahan daging bersantan, lemak, karbohidrat tinggi dan makanan manis. Boleh sih mengonsumsinya, asal dalam batas yang wajar. Demikian juga bagi ibu hamil. Seperti diketahui umum, Bumil adalah kondisi di mana asupan makanan harus benar-benar dijaga. Terkait itu, ada beberapa jenis menu yang mungkin sebaiknya dibatasi atau bahkan dihindari oleh Bumil, agar tidak mengganggu kehamilan.

Makanan yang diolah dengan santan pekat dan banyak minyak. Gulai, rendang hingga sambal kentang dengan udang, menjadi salah satu contoh masakan yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil. Perlu diingat, dalam kondisi puasa maupun tidak, Bumil tidak disarankan mengonsumsi makanan berlemak lebih dari 5 porsi. Jumlah 5 porsi makanan berlemak dan berminyak ini mencakup penggunaan minyak dan santan untuk camilan, jajanan, sayur maupun lauk.

Masakan berbumbu pedas, seperti sambal goreng ati, gulai pedas atau rendang. Gulai dan sambal kentang menjadi salah satu sajian yang banyak disajikan saat lebaran. Jika bumbu yang digunakan untuk masakan adalah bumbu yang cukup pedas, maka tentu hal ini sebaiknya dihindari konsumsinya oleh Bumil. Perlu diketahui, sebagian besar sistem dalam tubuh ibu cenderung lebih sensitif, apalagi jika ibu telah melakukan puasa sebulan penuh. Mengonsumsi makanan pedas berisiko mengiritasi pencernaan hingga menyebabkan diare. Diare pada Bumil akan menyebabkan risiko dehidrasi dan terganggunya penyerapan gizi pada Bumil.

Camilan buatan pabrik (dalam kemasan) dan banyak mengandung gula. Lumrah ditemui, Lebaran adalah waktunya menyajikan beragam camilan baik itu homemade maupun buatan pabrik. Kue kering, keripik, coklat adalah beberapa di antaranya. Bumil harus membatasi konsumsi camilan ini. Makan adalam kemasan mengandung bahan pengawet yang buruk untuk Bumil. Demikian juga camilan manis. Sebaiknya ibu hamil menghindari camilan yang kaya gula buatan dan natrium, serta memilih makanan sehat seperti kacang-kacangan, buah dan sayuran segar.

Bumil juga harus menghindari konsumsi minuman dalam kemasan dan yang mengandung soda. Perlu diketahui, dalam satu porsi minuman kemasan yang tidak rendah gula, sudah mampu memenuhi hampir separuh konsumsi gula harian tubuh. Karena itu jika dikonsumsi berlebih, asupan gula jadi berlebihan, bukan? Yang perlu diingat, segala jenis makanan dan minuman di atas perlu dibatasi jumlahnya agar tidak mengganggu profil kesehatan tubuh, misalnya kadar gula darah, tekanan darah hingga kadar kolesterol dalam tubuh.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!