Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Hati-Hati! Pendarahan Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Bagi Ibu Hamil

Pendarahan kadang terjadi pada ibu hamil. Ada yang membahayakan ada pula pendarahan biasa yang tidak relatif tidak membahayakan. Yang tidak membahayakan, akan cukup diantisipasi dengan istirahat serta bantuan obat-obatan.

Namun ada juga pendarahan yang merupakan alarm tanda bahaya bagi ibu hamil. Berikut ini adalah jenis pendarahan yang tergolong membahayakan tersebut, dirangkum dari berbagai sumber.

  • Pendarahan karena keguguran
    Jika terjadi pendarahan hebat yang disertai dengan rasa nyeri di bagian bawah perut atau kram, ada kemungkinan itu karena ibu hamil mengalami keguguran. Segeralah periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi ibu tersebut. 
  • Kelahiran prematur
    Ibu hamil harus waspada ketika tiba-tiba mengalami pendarahan yang juga disertai dengan kontraksi yang cukup sering, juga rasa nyeri dan kram. Bisa jadi, pendarahan yang ibu alami ini adalah suatu tanda akan terjadinya kelahiran prematur pada janin Anda. 


Bila pendarahan terjadi pada kehamilan di trimester kedua atau trimester ketiga, penyebabnya bisa berbagai faktor yang dapat mengakibatkan masalah serius dan mungkin bisa membahayakan ibu maupun janin. Namun untuk mendapatkan kepastiannya, ibu harus segera memeriksakan diri ke dokter. Beberapa penyebab pendarahan yang berbahaya bagi ibu atau janin di antaranya: 

  • Plasenta previa, yaitu ketika posisi plasenta berada di dinding rahim bagian bawah dan menutupi sebagian atau seluruh bagian mulut rahim. 

  • Vasa previa, yakni kondisi ketika pembuluh darah dari tali pusat terletak di selaput ketuban dan posisinya berada di dekat mulut rahim bagian dalam. Kondisi ini bisa membahayakan janin karena ada risiko pembuluh darah terputus pada saat ketuban pecah. 

  • Abrupsio plasenta, terjadi ketika plasenta memisahkan diri dari dinding rahim sebelum atau selama persalinan. Kondisi ini bisa mengakibatkan pendarahan berat yang disertai rasa sakit.
  • Ruptus uterus, atau pecahnya uterus yang membuat otot rahim luka. Kondisi ini juga bisa menyebabkan terjadinya pendarahan berat. 

Bila Ibu mengalami pendarahan, untuk memastikan apakah pendarahan itu jenis yang umum terjadi atau merupakan alarm tanda bahaya, hal yang terbaik dilakukan adalah mengunjungi dokter spesialis kandungan. Dokter akan memeriksa dan menegakkan diagnosis berdasarkan hasil pemeriksaan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Kehamilan

  • Hati-Hati! Pendarahan Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Bagi Ibu Hamil

    Hati-Hati! Pendarahan Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Bagi Ibu Hamil

    Pendarahan kadang terjadi pada ibu hamil. Ada yang membahayakan ada pula pendarahan biasa yang tidak relatif tidak membahayakan. Yang tidak membahayakan, akan cukup diantisipasi dengan istirahat serta...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Februari 2, 2021
  • Pendarahan Saat Hamil yang Umum Terjadi, Apa Sebabnya?

    Pendarahan Saat Hamil yang Umum Terjadi, Apa Sebabnya?

    Pendarahan di masa kehamilan biasanya akan membuat ibu langsung dilanda rasa panik dan cemas. Mengapa itu bisa terjadi? Berbahayakah kondisi tersebut terhadap janin?  Ibu, pendarahan saat kehamil...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Februari 2, 2021
  • Konsumsi Ini Saat Hamil agar Bayi Lebih Cerdas

    Konsumsi Ini Saat Hamil agar Bayi Lebih Cerdas

    Ingin anak tumbuh cerdas? Maka sangat penting bagi Ayah-Ibu untuk senantiasa memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang diberikan kepada si kecil, bahkan sejak ia masih dalam kandungan. Karena kec...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Januari 27, 2021
  • Hamil Jadi Rajin Ngemil, Apa Risikonya?

    Hamil Jadi Rajin Ngemil, Apa Risikonya?

    Saat hamil, wajar saja bila ibu menjadi sering sekali merasa lapar. Demi memuaskan rasa laparnya atau untuk menghindari munculnya rasa mual ketika menyantap makanan berat, maka pelarian ibu hamil bias...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Januari 26, 2021
  • Ini Lho… Beda Antara Miom dan Kista

    Ini Lho… Beda Antara Miom dan Kista

    Jika membahas seputar kesehatan reproduksi wanita, kita sering mendengar istilah miom dan kista. Dua istilah tersebut cukup populer karena paling sering dialami wanita yang berusia produktif.  Mi...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Januari 26, 2021

Artikel Populer