Ini Efek Perubahan Hormonal Saat Perempuan Hamil

Saat perempuan hamil hingga sepanjang kehamilan, terjadi beberapa tahap perubahan hormon dalam tubuhnya. Perubahan hormonal ini bisa memicu sejumlah keluhan bagi perempuan. Kendati ada juga kondisi perempuan yang tetap stabil, seolah-olah tak terjadi apa-apa saat dia hamil. Namun pada umumnya sejumlah keluhan akan dirasakan, seperti:

1. Mual/muntah
Mual-muntal biasa dialami perempuan hamil. Ada yang mengalaminya sepanjang usia kehamilan. Kebanyakan hanya mengalaminya di awal kehamilan ataupun saat pagi hari saja, yang dikenal sebagai morning sickness. Tidak ada obat yang benar-benar manjur untuk menghilangkan morning sickness ini. Namun bisa juga mengonsumsi obat yang diresepkan dokter kandungan untuk mengurangi keluhan. Yang penting usahakan menjaga asupan nutrisi dalam tubuh. Jangan sampai mengalami dehidrasi.

2. Pusing/sakit kepala

Sakit kepala biasanya timbul selama kehamilan, terutama pada trimester pertama. Untuk mengatasinya adalah dengan banyak istirahat dan hindari mata menghadap cahaya langsung. Olahraga ringan bisa dilakukan seperti berenang dan senam. Bila ingin meredakan sakit kepala dengan obat-obatan, pilih yang jenis paracetamol.

3. Lebih emosional
Sejumlah perempuan hamil jadi gampang sedih, gampang nangis dan gampang marah. Mood-nya berubah-ubah. Mereka yang semula mandiri berubah jadi manja. Mau ini, mau itu harus segera dituruti. Ini wajar terjadi karena perubahan hormonal. Pasangannya harus mengerti dan sabar mendampingi agar tidak timbul masalah yang lebih besar.

4. Rambut bermasalah
Perubahan hormonal pada saat hamil bisa membuat perubahan pada sejumlah bagian tubuh termasuk rambut. Tidak ada cara khusus untuk merawatnya. Keramas saja seperti biasa dengan conditioner  agar rambut lebih lembut. Bisa lakukan pemijatan ringan di kepala kemudian bilas sampai bersih.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!