Kemungkinan penyebab tak kunjung hamil

Sulit hamil tidak selalu disebabkan oleh faktor kesuburan. Bisa jadi dari hasil serangkaian pemeriksaan fisik yang sudah dilakukan, Anda dan pasangan dinyatakan subur, sehat, dan normal. Tapi jika pada kenyataannya harapan untuk bisa hamil belum juga terwujud, Anda perlu mengetahui beberapa kemungkinan yang bisa juga menjadi penyebab tak kunjung hamil berdasarkan berbagai referensi, di antaranya: 

  • Stres
    Stres yang dialami baik pria maupun wanita, akan berdampak pada kehidupan seks keduanya. Ketika stres melanda, gairah untuk bercinta akan menurun. Pada wanita, stres bisa mempengaruhi kinerja hormon dan dapat menghambat ovulasi. Sedangkan pada pria, stres juga bisa mempengaruhi kadar testosteron dan produksi sperma.
  • Masalah berat badan
    Terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat mempengaruhi kondisi kesehatan hingga produksi hormon, sehingga menyebabkan terjadinya kehamilan menjadi lebih sulit. Sebelum mencoba untuk hamil, upayakan berat badan Anda agar berada pada kondisi ideal atau normal. Caranya dengan mengatur pola makan yang sehat sehingga nutrisi untuk tubuh Anda tercukupi dan sesuai kebutuhan. Lakukan olahraga secara rutin dan jaga waktu istirahat Anda. 
  • Gaya hidup
    Kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, senang mengkonsumsi alkohol dan kafein, lebih sering makan makanan cepat saji, bisa berpengaruh terhadap kesehatan yang dapat pula menyebabkan sulit hamil. Jika Anda begitu mendambakan buah hati segera hadir, maka mulailah upaya dengan mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.
  • Perhitungan masa subur meleset
    Ini bisa saja terjadi. Ketika Anda salah menghitung masa subur dan melakukan hubungan seks pada saat yang tidak benar-benar tepat, misalnya saat masa subur terlewat, maka peluang untuk bisa hamil pun kecil. Hubungan seks bisa mulai dilakukan di 4 sampai 6 hari sebelum masa subur dan 4 sampai 6 hari setelahnya, agar peluang terjadinya konsepsi (pembuahan) bisa lebih besar.  
  • Bercinta terlalu sering
    Meskipun dianjurkan untuk memulai hubungan seks beberapa hari sebelum dan beberapa hari sesudah masa subur, Anda tidak dianjurkan melakukannya setiap hari atau sesering mungkin dalam sehari. Sebab jika setiap hari, kemungkinan kualitas sperma yang dihasilkan pria juga tidak akan bagus atau menurunkan jumlah sperma. Lakukanlah setidaknya setiap dua hari sekali dalam rentang waktu seminggu sebelum masa subur dan seminggu setelahnya.
Suka artikel ini? Ayo bagikan!