Keuntungan dan Risiko Kehamilan di Usia 40-an

Kehamilan di usia 40-an kini makin banyak. Jumlah wanita yang memiliki bayi di usia ini meningkat. Berita baiknya adalah jika Anda suka berolahraga, tidak ada alasan untuk berhenti. Program olahraga yang sehat dapat membantu agar kehamilan lebih aman dan mudah di usia ini. Dokter atau bidan dapat memberi tahu tentang perubahan apa yang perlu dilakukan. Perlu diingat bahwa bergerak adalah salah satu cara untuk meredakan stres dan ketegangan kehamilan. Seperti dikutip dari Verywellfamily, berenang, jalan kaki dan yoga adalah tiga jenis olahraga yang direkomendasikan banyak praktisi kepada wanita hamil.

Keuntungan kehamilan di usia 40-an salah satunya terkait emosi karena perubahan hormon. Sebagai sosok yang lebih matang, wanita usia 40-an memiliki kemampuan yang lebih memadai untuk mengatasi perubahan-perubahan ini secara lebih efektif. Menemukan wanita lain yang dekat dengan usia Anda dan memiliki bayi dapat memberikan manfaat besar. Meskipun Anda mungkin salah satu ibu yang lebih tua di kelompok bermain, Anda tidak akan sendirian. Berteman dengan ibu yang lebih tua lainnya, akan membantu Anda memiliki seseorang untuk berbagi masalah unik Anda.

Keuntungan lainnya terkait stabilitas keuangan. Salah satu alasan utama wanita mengatakan bahwa mereka telah menunda memiliki anak di usia 40-an adalah untuk memastikan bahwa mereka stabil secara finansial. Mungkin Anda memiliki pekerjaan yang membutuhkan banyak perjalanan ketika Anda masih muda. Mungkin Anda ingin mencapai tingkat tertentu di perusahaan Anda sebelum Anda merasa bisa memiliki bayi. Mungkin juga ada tingkat status keuangan tertentu yang ingin Anda raih pertama — rumah, dana kuliah, ataupun jumlah tertentu dalam rekening pensiun Anda.

Namun kehamilan di usia 40-an memang berpotensi lebih rumit. Semakin sehat Anda di awal, semakin kecil kemungkinan Anda mengalami komplikasi. Namun ingatlah, perempuan sehat yang melakukan semua hal dengan benar pun dapat mengalami komplikasi dalam kehamilan. Sedangkan risiko dari kehamilan di usia 40-an yang mungkin terjadi adalah:

• Persalinan prematur

• Kelahiran prematur

• Preeklamsia

• Diabetes gestasional

• Berat bayi lahir rendah

• Kelahiran caesar

Berbicara dengan dokter atau bidan tentang riwayat medis Anda dalam kombinasi dengan pemeriksaan fisik, dan perawatan prenatal yang konsisten dapat membantu tidak hanya mengurangi beberapa risiko tetapi juga dapat membantu mengenali komplikasi lebih awal jika itu terjadi.

Jadi ketika komplikasi mulai terjadi sangat bermanfaat bagi kesehatan kehamilan dan bayi Anda. Sangat penting bagi Anda untuk menyadari bahwa peningkatan risiko mengalami komplikasi tidak sama dengan mengatakan bahwa Anda benar-benar akan mengalami komplikasi.

Meskipun ada beberapa tantangan yang harus diatasi di usia 40-an ketika Anda ingin hamil dan memiliki bayi, yang jelas Anda tidak sendirian. Dengan perawatan prenatal yang tepat, peluang Anda untuk memiliki bayi yang sehat masih besar. Ingatlah itu dan nikmati kehamilan Anda.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!