Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Konsumsi Ini Saat Hamil agar Bayi Lebih Cerdas

Ingin anak tumbuh cerdas? Maka sangat penting bagi Ayah-Ibu untuk senantiasa memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang diberikan kepada si kecil, bahkan sejak ia masih dalam kandungan. Karena kecerdasan anak sebenarnya sudah bisa mulai dikembangkan ketika ia masih dalam rahim sang ibu. 

Di masa kehamilannya, Ibu dianjurkan untuk rajin mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan zat gizi, di antaranya zat besi, asam folat, omega-3, protein, dan sebagainya. Nutrisi tersebut akan menunjang perkembangan otak dan sistem syaraf janin secara optimal agar kelak bayi Anda lahir tumbuh cerdas. Apa saja itu? Coba simak yuk! 

  • Ikan
    Protein dan asam lemak omega-3 merupakan nutrisi penting bagi perkembangan otak janin dan mencerdaskan bayi. Keduanya bisa didapatkan dari berbagai jenis ikan, khususnya ikan laut seperti salmon, tuna, sarden, dan tengiri. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi ikan setidaknya 2 porsi dalam sepekan untuk memenuhi kebutuhan akan protein dan omega-3 tersebut. 
  • Telur ayam
    Telur ayam, terutama yang direbus, tinggi protein sekaligus rendah kalori. Kandungan kolin atau asam amino yang terdapat dalam telur ayam juga sangat bermanfaat membantu perkembangan otak dan meningkatkan memori. 
  • Sayur-sayuran
    Sayur-sayuran akan memberi banyak manfaat baik untuk ibu hamil maupun janinnya karena kaya akan serat, vitamin dan mineral, serta antioksidan yang baik untuk mendukung perkembangan janin agar ia terlahir cerdas. Jenis sayuran yang baik untuk ibu konsumsi antara lain bayam, brokoli, sawi, wortel, jagung, dan paprika. 
  • Buah-buahan
    Selain sayuran, buah-buahan juga dianjurkan agar sering dikonsumsi oleh para ibu hamil. Sebab buah-buahan juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang tinggi dan baik bagi kesehatan ibu dan janin, termasuk untuk perkembangan otaknya. Buah yang bisa Ibu pilih untuk dikonsumsi di antaranya apel, jeruk, pisang, pepaya, mangga, dan tomat. 
  • Daging tanpa lemak
    Selain untuk perkembangan otak, janin dalam rahim ibu juga membutuhkan nutrisi terutama protein, zat besi, vitamin B, untuk pembentukan jaringan tubuh dan pertumbuhan ototnya. Nah, nutrisi tersebut juga bisa didapatkan dari daging. Sangat dianjurkan bagi ibu memilih daging tanpa lemak agar janin tumbuh lebih sehat.
  • Kacang-kacangan dan polong-polongan
    Kacang dan polong-polongan juga menjadi pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil karena keduanya memiliki kandungan nutrisi seperti protein, asam lemak omega-3, serta vitamin dan mineral, yang juga cukup tinggi. 
  • Susu dan makanan olahannya
    Susu, atau produk olahannya seperti yoghurt dan keju juga kaya akan nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan menunjang tumbuh kembang janin. Susu mengandung sejumlah zat gizi di antaranya protein, kalsium, kalium, serta vitamin B dan D, yang bermanfaat baik untuk menunjang pertumbuhan jaringan otak si kecil.
Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Kehamilan

  • Hati-Hati! Pendarahan Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Bagi Ibu Hamil

    Hati-Hati! Pendarahan Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Bagi Ibu Hamil

    Pendarahan kadang terjadi pada ibu hamil. Ada yang membahayakan ada pula pendarahan biasa yang tidak relatif tidak membahayakan. Yang tidak membahayakan, akan cukup diantisipasi dengan istirahat serta...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Februari 2, 2021
  • Pendarahan Saat Hamil yang Umum Terjadi, Apa Sebabnya?

    Pendarahan Saat Hamil yang Umum Terjadi, Apa Sebabnya?

    Pendarahan di masa kehamilan biasanya akan membuat ibu langsung dilanda rasa panik dan cemas. Mengapa itu bisa terjadi? Berbahayakah kondisi tersebut terhadap janin?  Ibu, pendarahan saat kehamil...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Februari 2, 2021
  • Konsumsi Ini Saat Hamil agar Bayi Lebih Cerdas

    Konsumsi Ini Saat Hamil agar Bayi Lebih Cerdas

    Ingin anak tumbuh cerdas? Maka sangat penting bagi Ayah-Ibu untuk senantiasa memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang diberikan kepada si kecil, bahkan sejak ia masih dalam kandungan. Karena kec...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Januari 27, 2021
  • Hamil Jadi Rajin Ngemil, Apa Risikonya?

    Hamil Jadi Rajin Ngemil, Apa Risikonya?

    Saat hamil, wajar saja bila ibu menjadi sering sekali merasa lapar. Demi memuaskan rasa laparnya atau untuk menghindari munculnya rasa mual ketika menyantap makanan berat, maka pelarian ibu hamil bias...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Januari 26, 2021
  • Ini Lho… Beda Antara Miom dan Kista

    Ini Lho… Beda Antara Miom dan Kista

    Jika membahas seputar kesehatan reproduksi wanita, kita sering mendengar istilah miom dan kista. Dua istilah tersebut cukup populer karena paling sering dialami wanita yang berusia produktif.  Mi...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Januari 26, 2021

Artikel Populer