Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Konsumsi Ini Saat Hamil agar Bayi Lebih Cerdas

Ingin anak tumbuh cerdas? Maka sangat penting bagi Ayah-Ibu untuk senantiasa memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang diberikan kepada si kecil, bahkan sejak ia masih dalam kandungan. Karena kecerdasan anak sebenarnya sudah bisa mulai dikembangkan ketika ia masih dalam rahim sang ibu. 

Di masa kehamilannya, Ibu dianjurkan untuk rajin mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan zat gizi, di antaranya zat besi, asam folat, omega-3, protein, dan sebagainya. Nutrisi tersebut akan menunjang perkembangan otak dan sistem syaraf janin secara optimal agar kelak bayi Anda lahir tumbuh cerdas. Apa saja itu? Coba simak yuk! 

  • Ikan
    Protein dan asam lemak omega-3 merupakan nutrisi penting bagi perkembangan otak janin dan mencerdaskan bayi. Keduanya bisa didapatkan dari berbagai jenis ikan, khususnya ikan laut seperti salmon, tuna, sarden, dan tengiri. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi ikan setidaknya 2 porsi dalam sepekan untuk memenuhi kebutuhan akan protein dan omega-3 tersebut. 
  • Telur ayam
    Telur ayam, terutama yang direbus, tinggi protein sekaligus rendah kalori. Kandungan kolin atau asam amino yang terdapat dalam telur ayam juga sangat bermanfaat membantu perkembangan otak dan meningkatkan memori. 
  • Sayur-sayuran
    Sayur-sayuran akan memberi banyak manfaat baik untuk ibu hamil maupun janinnya karena kaya akan serat, vitamin dan mineral, serta antioksidan yang baik untuk mendukung perkembangan janin agar ia terlahir cerdas. Jenis sayuran yang baik untuk ibu konsumsi antara lain bayam, brokoli, sawi, wortel, jagung, dan paprika. 
  • Buah-buahan
    Selain sayuran, buah-buahan juga dianjurkan agar sering dikonsumsi oleh para ibu hamil. Sebab buah-buahan juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang tinggi dan baik bagi kesehatan ibu dan janin, termasuk untuk perkembangan otaknya. Buah yang bisa Ibu pilih untuk dikonsumsi di antaranya apel, jeruk, pisang, pepaya, mangga, dan tomat. 
  • Daging tanpa lemak
    Selain untuk perkembangan otak, janin dalam rahim ibu juga membutuhkan nutrisi terutama protein, zat besi, vitamin B, untuk pembentukan jaringan tubuh dan pertumbuhan ototnya. Nah, nutrisi tersebut juga bisa didapatkan dari daging. Sangat dianjurkan bagi ibu memilih daging tanpa lemak agar janin tumbuh lebih sehat.
  • Kacang-kacangan dan polong-polongan
    Kacang dan polong-polongan juga menjadi pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil karena keduanya memiliki kandungan nutrisi seperti protein, asam lemak omega-3, serta vitamin dan mineral, yang juga cukup tinggi. 
  • Susu dan makanan olahannya
    Susu, atau produk olahannya seperti yoghurt dan keju juga kaya akan nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan menunjang tumbuh kembang janin. Susu mengandung sejumlah zat gizi di antaranya protein, kalsium, kalium, serta vitamin B dan D, yang bermanfaat baik untuk menunjang pertumbuhan jaringan otak si kecil.
Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Kehamilan

  • Aktivitas Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental Ibu Hamil

    Aktivitas Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental Ibu Hamil

    Banyak ibu hamil yang pada masa kehamilannya lebih sering hanya terkonsentrasi pada menjaga kesehatan fisiknya dan mengesampingkan kesehatan mentalnya. Padahal, menjaga kesehatan mental ibu selama keh...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 3, 2021
  • Ini Gejala Ibu Hamil Mengalami Depresi, Jangan Sepelekan!depresi ibu hamil,

    Ini Gejala Ibu Hamil Mengalami Depresi, Jangan Sepelekan!depresi ibu hamil,

    Kehamilan pada umumnya akan  menghadirkan kebahagiaan bagi pasangan menikah, khususnya sang ibu. Kehadiran si kecil di tengah-tengah keluarga bakal dinanti-nantikan dengan antusias dan penuh suka...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 2, 2021
  • Ibu Bermata Minus Tinggi harus Melahirkan Caesar? Mitos atau Fakta?

    Ibu Bermata Minus Tinggi harus Melahirkan Caesar? Mitos atau Fakta?

    Pernahkah ibu mendengar informasi bahwa ibu hamil dengan mata minus tinggi,  terutama minus diatas 6, tidak boleh melahirkan secara normal dan harus dengan jalan operasi caesar? Benar tidak sih?...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Mei 2, 2021
  • Setelah Melahirkan Haid Tak Kunjung Datang, Suburkah?

    Setelah Melahirkan Haid Tak Kunjung Datang, Suburkah?

    Masa nifas selepas melahirkan telah selesai, tapi sudah beberapa minggu berjalan mengapa haid tak kunjung datang ya?  Kondisi seperti ini kadang bikin ibu waswas. Apakah ibu sudah kembali memasuk...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 19, 2021
  • Selulit Pascamelahirkan? Bahan-Bahan Ini Akan Bantu Mengatasi

    Selulit Pascamelahirkan? Bahan-Bahan Ini Akan Bantu Mengatasi

    Hamil dan melahirkan pada umumnya menjadi momen yang membahagiakan bagi seorang wanita. Namun banyak wanita yang kemudian mengalami stretch mark atau selulit di kulitnya hingga mempengaruhi penampilan...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 8, 2021

Artikel Populer