Melahirkan Caesar 2x, Masih Bisakah Lahiran Normal?

Untuk kali kedua, ibunda Jan Ethes, Selvi Ananda, melahirkan kembali. Seperti saat melahirkan Jan Ethes, persalinan untuk membuat bayi cantik La Lembah Manah hadir ke dunia juga dilakukan dengan prosedur operasi caesar. Nah, apakah mereka yang sudah mengalami persalinan dengan prosedur operasi caesar masih bisa melahirkan lagi secara normal?

Berdasarkan American Congress of Obstetricians and Gynecologists,  tetap ada kemungkinan bagi seorang ibu untuk melahirkan dengan prosedur vaginal birth after caesarean (VBAC) alias melahirkan normal setelah sebelumnya pernah melahirkan dengan operasi caesar. Bahkan VBAC diyakini tetap cara paling aman bagi setiap perempuan untuk melaksanakan persalinan. Sedangkan tingkat keberhasilan VBAC cukup tinggi, antara 60%-80%.

Tidak ada batasan berapa kali seorang ibu pernah melahirkan dengan prosedur operasi caesar. Kemungkinan untuk melahirkan kembali secara normal tetap terbuka. Jadi jika seorang ibu yang pernah melahirkan dengan operasi caesar ingin melahirkan secara normal, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungannya. Apalagi melahirkan secara caesar sesungguhnya hanya boleh dilakukan karena ada indikasi tertentu.

Namun demikian semakin banyak prosedur itu dilakukan, dan semakin lama waktu operasinya, memang semakin tinggi risiko terjadinya komplikasi. Dokter kandungan akan memeriksa kondisi ibu hamil tentang kemungkinan dia bisa VBAC atau tidak. Boleh jadi dokter akan menyatakan semua baik-baik saja dan ibu bisa melahirkan dengan normal. Atau kemungkinan lain dokter kembali menyarankan persalinan dengan operasi caesar karena suatu alasan. Mengingat prosedur persalinan dengan operasi caesar yang lebih rumit, membutuhkan biaya tinggi, serta mempengaruhi kesehatan ibu dan efeknya pada perawatan anak di awal-awal kelahirannya, kiranya VBAC perlu untuk diperjuangkan. Katakan niatan untuk VBAC kepada dokter kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan berat badan ibu, usia, riwayat kesehatan dan kesuburan serta hal yang lebih mendetil lagi seperti indikasi apa yang mendasari sehingga persalinan sebelumnya dilakukan dengan prosedur caesar.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!