Mendamba Suami Siaga Saat Melahirkan

Melahirkan adalah sebuah proses yang akan dilalui seorang ibu hamil. Pada umumnya, ibu hamil akan memerlukan pendampingan suami pada saat melalui persalinan. Seperti apa harapan ibu hamil ketika melahirkan si buah hati? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini harapan seorang istri kepada suami saat melahirkan:

  • Dukungan lahir dan batin

Ini sangat dibutuhkan seorang istri dalam menghadapi masa-masa penting persalinan. Kehadiran suami membuat sebagian (besar) ibu hamil lebih tenang ketika akan melahirkan. Suami bisa memberikan doa-doa, hiburan, dan kata-kata motivasi mampu memberikan kekuatan kepada seorang istri. Beberapa penyemangat yang bisa disampaikan diantaranya, “Banyaklah berdoa, kamu bisa,” “Kamu pasti bisa melaluinya,” “Lihatlah anak kita sebentar lagi akan keluar,” “Ayo ajak anak kita bicara agar dia mudah keluar,” dan kata-kata lain yang bisa menambah motivasi.

  • Sentuhan

Sentuhan suami saat istri merasakan kontraksi juga bisa mengurangi rasa sakit. Usapan lembut membuat tambahan tenaga tersendiri bagi seorang istri. Genggaman erat suami pada tangan istri juga akan menambah ketenangan dan kekuatan.

  • Memahami

Pahami apa keinginan dan kebutuhan istri ketika akan melahirkan. Upayakan saat mendampingi istri menjelang persalinan seorang suami tidak terlalu banyak di luar ruangan. Perhatikan kebutuhan istri, misal ingin minum, ingin ke kamar mandi (jika masih diizinkan tim medis) dan kebutuhan lainnya. Pastikan kebutuhan-kebutuhan istri sudah tersedia untuk menghadapi masa penting ini.

  • Menemani

Suami yang menemani persalinan istri dapat mengenang kembali peristiwa itu dan menceritakan kepada anak-anak mereka. Perjuangan seorang istri melahirkan dapat menjadi pelajaran berharga bagi suami. Kehadiran suami saat melahirkan ini sangat penting dan layak diperjuangkan. Karena pada umumnya memang istri sangat mendamba suami yang siap antar jaga (siaga). 

Selamat menantikan kehadiran si buah hati.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!