Mengelola Suasana Hati Ketika Si kecil tak Kunjung Hadir

Ketika buah hati yang didambakan tak kunjung hadir untuk melengkapi kebahagiaan dalam pernikahan, sangat wajar bila Anda dan pasangan dilanda rasa gelisah, sedih dan kecewa. Apalagi ketika pernikahan sudah berjalan cukup lama dan segala upaya untuk bisa mendapatkan anak ini sudah dilakukan namun belum juga membuahkan hasil. 

Lalu bagaimana sebaiknya mengelola suasana hati agar belum hadirnya anak ini tidak sampai membuat putus asa dan memicu prahara dalam rumah tangga? Berikut beberapa tips yang dirangkum dari berbagai referensi, dan bisa Anda lakukan bersama pasangan Anda: 

  • Selalu berpikir positif
    Belum diberi momongan oleh Tuhan bukan berarti sesuatu hal yang buruk. Karena Tuhan memberikan anugerah lain berupa kesempatan bagi Anda dan pasangan bisa menikmati waktu berdua lebih banyak lagi untuk semakin saling mencintai, menyayangi, memperhatikan, dan menikmati kebahagiaan. Kebahagiaan dalam pernikahan tidak hanya diukur semata-mata dari ada atau tidaknya anak. 
  • Saling terbuka dengan pasangan
    Jalinlah selalu komunikasi yang baik dan bersikap saling terbuka dengan pasangan Anda. Jangan saling menyalahkan atas kondisi belum hadirnya anak di tengah-tengah Anda berdua. Jadilah seorang sahabat yang baik bagi pasangan Anda satu sama lain, yang akan selalu saling mendukung dan menguatkan, menjadi tempat bercerita, mencurahkan isi hati, perasaan, keluh kesah, termasuk ketika harus menghadapi tekanan sosial seperti sindiran atau cemoohan dari orang lain. Hal ini menjaga agar prahara tidak menghinggapi rumah tangga Anda berdua. 
  • Tetap sabar dan ikhlas
    Tidak ada jalan lain selain tetap bersabar dan ikhlas. Yang bisa Anda dan pasangan lakukan demi bisa mendapatkan buah hati adalah tetap berusaha dan berdoa. Namun Tuhanlah yang memiliki hak untuk menentukan hasilnya. Bersabar dan ikhlaslah dengan apapun ketentuan-Nya, karena itulah yang menurut Tuhan terbaik untuk Anda berdua. 
  • Lakukan aktivitas produktif
    Cari aktivitas menyenangkan dan positif yang bisa membuat Anda lebih produktif. Mungkin Anda juga bisa melakukannya bersama pasangan Anda. Hal ini agar fokus Anda tidak hanya tertuju pada masalah belum adanya anak yang bisa membuat Anda berdua tertekan dan stres.

Anda bisa juga membuat target lain yang bisa membangkitkan rasa percaya diri dan semangat, misalnya dalam hal karir, atau target pencapaian yang lainnya. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!