Menjaga Kesehatan Mental Saat Hamil Itu Penting, Ini Tipsnya

Sembilan bulan kehamilan bukan waktu yang singkat. Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan melakukan pemeriksaan kesehatan fisik secara rutin. Namun ada satu hal yang tak kalah penting dari itu, yaitu kesehatan mental ibu hamil.  Perubahan hormon disertai perubahan fisik memang berisiko membuat ibu hamil mengalami mood swing atau suasana hati yang berubah-ubah.

Ibu hamil kadang mempunyai kekhawatiran tentang bayi yang dikandungnya. Apakah dia akan lahir normal dan sehat? Bagaimana masa depannya? Mampukah dia merawat anaknya dengan baik?  Kekhawatiran-kekhawatiran ini wajar, tapi bisa jadi berpengaruh pada sikap dan perilakunya sehari-hari. Kendati wajar, tetap saja ibu hamil harus menjaga kesehatan mentalnya agar tidak berkembang menjadi gangguan mental yang lebih serius, seperti depresi. Dalam kaitan ini peran pasangan dan orang-orang terdekat sangat dibutuhkan.

Segera bawa ibu hamil ke dokter bila dia merasa cemas berlebihan, sedih terus menerus, susah fokus hingga mengganggu aktivitas, mengalami insomnia (sulit tidur), merasa bersalah dan tak berguna hingga kehilangan minat pada aktivitas yang semula disukainya. Itu semua merupakan gejala awal terjadinya depresi saat hamil.

Untuk mencegah semua itu terjadi, maka yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental ibu hamil adalah berikut ini:

  • Menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, tidur cukup, tidak merokok dan mengonsumsi alkohol.
  • Istirahat cukup dan saat terjaga sebaiknya dianjurkan melakukan aktivitas yang disukainya.
  • Pendampingan dan perhatian untuk membuat ibu hamil tak merasa sendirian menanggung kehamilannya. Dengarkan keluh kesahnya dan bantu dia mengerjakan aktivitas rumah tangga. Di sini peran pasangan sangat dibutuhkan.

Bila sebelum pencegahan dilakukan ternyata ibu hamil telah mengalami depresi, sebaiknya ikuti nasihat dokter. Minum obat-obatan yang diresepkan dan jujur pada orang-orang terdekat tentang kondisinya, agar mereka bisa membantu pemulihannya alih-alih membuat situasi bertambah buruk.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!