Menu Buka Puasa Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang kaya nutrisi dan gizi. Itu semua dibutuhkan oleh janin yang dikandung maupun dirinya sendiri. Bagaimana bila ibu hamil menjalankan puasa? Saat menjalankan ibadah puasa, tentu saja ibu hamil harus pandai-pandai mengatur menu makanan agar asupan nutrisi tidak berkurang.

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bisa dipilih ibu hamil saat berbuka puasa:

  • Buah-buahan

Buah-buahan dalam bentuk jus ataupun buah segar akan menyuntikkan energi bagi ibu hamil setelah seharian berpuasa. Sesuai sunnah Rasul, buka hendaknya dengan makanan yang tidak dimasak. Maka sepiring buah iris, segelas jus atau beberapa kurma bisa menjadi pilihan.

  • Makanan bergizi Seimbang

Pastikan mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, yaitu yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral. Menu sehat seimbang dibutuhkan untuk membuat ibu hamil dan janin yang di kandungan ternutrisi dengan baik.

  • Sayuran

Sayuran terutama yang berserat tinggi sangat dibutuhkan untuk membuat saluran pencernakan bekerja dengan baik. Juga untuk menghindari sembelit. Salad sayur adalah pilihan buat ibu hamil yang ingin mengonsumsi makanan segar dan sehat. Sayuran berhijau daun sangat dibutuhkan untuk menambah asupan kalsium.

  • Susu

Susu dibutuhkan ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Aneka produk susu seperti keju dan yoghurt juga baik disertakan ke dalam menu buka puasa. Cobalah membuat salad buah dari aneka buah-buahan potong yang dicampur dengan yoghurt, lalu taburi keju parut di atasnya. Hmm.. yummy!

  • Air putih

Air putih sangat penting untuk membuat tubuh ibu hamil terhidrasi dengan baik. Selain saat berbuka, minumlah air putih yang banyak saat sebelum tidur dan ketika sahur. Jangan sampai dehidrasi ya Bu… Karena tak hanya berbahaya bagi kesehatan ibu hamil. Tapi juga akan mempengaruhi janin dalam kandungan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!