Panduan Memilih Produk Perawatan Kulit yang Aman untuk Bumil

Sudah menjadi hal yang lazim bahwa perempuan gemar merawat diri untuk tampil sehat dan cantik. Tidak saja menggunakan riasan wajah, sebagian besar perempuan juga memiliki ritual merawat tubuh, mulai dari merawat kulit, rambut, kuku dan sebagainya. Tak terkecuali dengan ibu hamil (Bumil). Bumil yang umumnya akan mengalami gangguan pada kulit, tentu tetap ingin memiliki kulit yang segar, sehat dan cantik. Masalahnya, bolehkah Bumil menggunakan produk perawatan kulit?

Pada dasarnya, Bumil masih boleh menggunakan alat kosmetik dan perawatan kulit asalkan bahan-bahan yang digunakan tidak berbahaya untuk janin dalam kandungan. Untuk itu, begini panduan memilih produk perawatan kulit yang aman untuk Bumil:

  • Cermati komposisi

Cermati komposisi dan kandungan bahan dalam produk kosmetik maupun skincare. Beberapa bahan yang tidak aman untuk kesehatan janin adalah merkuri, retinoid, Salicylic Acid (BHA), Hydroquinone, Benzoil Peroxyde, Soy, PABA, Rhodamin dan Benzophenone-3. Bumil yang ingin menggunakan produk kosmetik ataupun skincare disarankan menggunakan produk berbahan organik. Meski demikian, pada Bumil yang mengalami flek hitam pada kulit karena pengaruh hormon tidak disarankan menggunakan produk berbahan ekstrak kedelai, karena akan memperparah kondisi.

  • Dioles belum tentu aman

Produk perawatan yang digunakan secara diminum lebih mudah mempengaruhi janin melalui plasenta, ketimbang produk yang dioles. Walaupun demikian bukan berarti aman menggunakan kosmetik dan skincare yang dioles apalagi bila mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk janin.  Salah satu yang dilarang adalah retinoid, yaitu turunan dari vitamin A yang banyak digunakan di produk kosmetik dan skincare. Pilihlah produk dengan keterangan “telah melalui uji klinis” sehingga tidak menimbulkan alergi dan gangguan pada janin.

  • Hindari zat berbahaya

Hindari menggunakan tabir surya berbahan benzonphenon 3 yang akan mempengaruhi kadar hormon. Jika Anda berjerawat, bersihkan kulit wajah 3 kali sehari. Hindari penggunaan obat jerawat yang diminum atau memiliki senyawa accutane. Untuk mengatasi masalah stretch mark, gunakan bahan alami seperti minyak zaitun untuk olesan. Jika memang perlu, konsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan saran produk perawatan yang aman untuk ibu dan janin.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!