Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Pendarahan Saat Hamil yang Umum Terjadi, Apa Sebabnya?

Pendarahan di masa kehamilan biasanya akan membuat ibu langsung dilanda rasa panik dan cemas. Mengapa itu bisa terjadi? Berbahayakah kondisi tersebut terhadap janin?  Ibu, pendarahan saat kehamilan tidak selalu berarti membahayakan. Meski begitu, sebaiknya ibu tetap harus waspada jika mengalaminya. Sebab pendarahan terkadang juga bisa menjadi tanda adanya masalah serius dalam kehamilan Anda.

Ada beberapa penyebab pendarahan yang umumnya terjadi saat hamil dan perlu Ibu ketahui. Silakan simak uraian yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini: 

  • Implantasi

Implantasi adalah proses menempel atau melekatnya sel telur yang sudah dibuahi (embrio) ke dinding rahim. Proses ini bisa menyebabkan terjadinya pendarahan yang disebut dengan pendarahan implantasi. Biasanya berupa bercak-bercak darah yang hampir mirip dengan bercak darah yang muncul di awal atau akhir siklus menstruasi. 

Keluarnya bercak darah ini merupakan salah satu tanda kehamilan yang terkadang tidak disadari karena mungkin ibu mengira itu adalah bercak darah haid. Bedanya, pendarahan implantasi biasanya hanya berlangsung sebentar. Kondisi ini wajar dialami ibu di awal-awal kehamilannya dan tidak berbahaya. 

  • Hubungan intim

Hubungan intim yang dilakukan terlalu intens dan terlalu bersemangat saat hamil bisa menyebabkan pendarahan karena serviks akan menjadi lebih sensitif dari sebelumnya. Kondisi ini terjadi karena suplai darah ke vagina dan leher rahim yang meningkat secara cepat. 

Selain itu, jumlah kapiler (pembuluh halus) darah juga akan meningkat lebih banyak untuk memasok oksigen yang dibutuhkan ibu dan janin dalam jumlah yang lebih besar. Ketika hubungan intim dilakukan terlalu intens dan terlalu bersemangat, hentakan bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh darah halus ini hingga menimbulkan pendarahan. 

Tapi ini bukan berarti hubungan intim selama hamil dilarang lho, Bu! Boleh saja dilakukan asalkan aman dan lebih halus. Jika ibu sering mengalami pendarahan ini, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi kehamilan tersebut. 

  • Aktivitas berat

Pendarahan bisa terjadi pada ibu hamil setelah melakukan aktivitas berat. Pada kondisi ini biasanya dokter akan menyarankan ibu untuk beristirahat atau bedrest sampai beberapa waktu yang ditentukan. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Kehamilan

  • Hati-Hati! Pendarahan Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Bagi Ibu Hamil

    Hati-Hati! Pendarahan Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya Bagi Ibu Hamil

    Pendarahan kadang terjadi pada ibu hamil. Ada yang membahayakan ada pula pendarahan biasa yang tidak relatif tidak membahayakan. Yang tidak membahayakan, akan cukup diantisipasi dengan istirahat serta...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Februari 2, 2021
  • Pendarahan Saat Hamil yang Umum Terjadi, Apa Sebabnya?

    Pendarahan Saat Hamil yang Umum Terjadi, Apa Sebabnya?

    Pendarahan di masa kehamilan biasanya akan membuat ibu langsung dilanda rasa panik dan cemas. Mengapa itu bisa terjadi? Berbahayakah kondisi tersebut terhadap janin?  Ibu, pendarahan saat kehamil...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Februari 2, 2021
  • Konsumsi Ini Saat Hamil agar Bayi Lebih Cerdas

    Konsumsi Ini Saat Hamil agar Bayi Lebih Cerdas

    Ingin anak tumbuh cerdas? Maka sangat penting bagi Ayah-Ibu untuk senantiasa memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang diberikan kepada si kecil, bahkan sejak ia masih dalam kandungan. Karena kec...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Januari 27, 2021
  • Hamil Jadi Rajin Ngemil, Apa Risikonya?

    Hamil Jadi Rajin Ngemil, Apa Risikonya?

    Saat hamil, wajar saja bila ibu menjadi sering sekali merasa lapar. Demi memuaskan rasa laparnya atau untuk menghindari munculnya rasa mual ketika menyantap makanan berat, maka pelarian ibu hamil bias...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Januari 26, 2021
  • Ini Lho… Beda Antara Miom dan Kista

    Ini Lho… Beda Antara Miom dan Kista

    Jika membahas seputar kesehatan reproduksi wanita, kita sering mendengar istilah miom dan kista. Dua istilah tersebut cukup populer karena paling sering dialami wanita yang berusia produktif.  Mi...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Januari 26, 2021

Artikel Populer