Penglihatan Kabur Saat Hamil, Kenapa?

Kehamilan memang sering mendatangkan keluhan-keluhan yang tidak biasa pada perempuan. Mulai dari gampang lemas, sering pusing, mual muntah, bahkan hingga gangguan pada penglihatan. Mata atau penglihatan menjadi kabur memang kerap dialami oleh sebagian ibu hamil (Bumil). Bagi perempuan yang baru kali pertama hamil, keluhan pandangan kabur bisa bikin panik. Apa sebenarnya yang menyebabkan penglihatan kabur saat hamil?

Meski tidak dialami oleh semua Bumil, penglihatan kabur memang biasa terjadi semasa kehamilan. Menurut para ahli, kehamilan juga menyusui, bisa  memengaruhi penglihatan. Gangguan ini kadang bisa berlangsung lama, namun biasanya hanya bersifat sementara. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan penglihatan kabur pada Bumil, di antaranya adalah hormon, penumpukan cairan, reaksi tubuh pada perubahan hormon dan fisik, hingga kondisi yang lebih serius seperti kerusakan retina atau juga kejadian preeklamsia.

Penumpukan cairan yang kerap dialami Bumil disebut dapat mengubah ketebalan dan bentuk kornea mata, sehingga mengakibatkan penglihatan kabur. Demikian pula kondisi kesalahan refraksi atau refraction error, suatu kondisi di mana cahaya yang diterima oleh mata tidak terfokus pada retina. Akibatnya gambar obyek yang dihasilkan menjadi kabur. Penglihatan kabur saat hamil biasanya akan mereda dengan sendirinya sekitar enam pekan setelah melahirkan atau setelah selesai masa menyusui.

Namun demikian, jika dirasa sangat mengangggu, ada beberapa solusi sementara agar Bumil tetap nyaman beraktivitas. Gunakan tetes mata untuk mengatasi mata kering. Istirahatkan mata sesering mungkin, terutama bagi yang aktif menggunakan laptop atau gawai. Kompres mata dengan air dingin. Jika sangat terpaksa, minta resep kacamata pada dokter meski untuk pemakaian sementara. Dalam banyak kasus, penglihatan kabur saat hamil bukanlah hal yang berbahaya. Namun, Bumil harus segera berkonsultasi ke dokter kandungan jika penglihatan kabur terjadi tiba-tiba disertai dengan sakit kepala, sakit perut, bengkak-bengkak, atau terdapat titik-titik hitam pada penglihatan. Hal tersebut kemungkinan menandakan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh diabetes gestasional, preeklamsia atau kerusakan retina.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!