Program Hamil Tapi LDM? Ikuti Tips Ini

Meskipun sudah menikah, ada beberapa pasangan yang terpaksa harus tinggal berjauhan atau menjalani pernikahan jarak jauh (long distance marriage/LDM)) karena suatu alasan tertentu. Waktu yang bisa dinikmati oleh pasangan LDM ini pun tentunya menjadi sangat terbatas. Mereka tidak bisa setiap saat bertemu, apalagi melakukan hubungan suami-istri.

Lalu bagaimana jika keduanya berharap bisa segera mendapatkan momongan? Mungkinkah pasangan melakoni LDM ini sekaligus dengan menjalani program hamil agar bisa segera punya anak? Tentu saja itu sangat mungkin. Jika Anda dan suami/istri sedang menjalani LDM, coba simak yuk beberapa tips program hamil berikut ini: 

  • Ketahui masa subur

Hitung masa subur lalu ambil cuti atau buat jadwal bertemu dengan pasangan yang waktunya disesuaikan dengan masa subur. Berhubungan intim saat masa subur memperbesar peluang untuk bisa segera hamil.

  • Hindari stres

Hidup berjauhan dengan pasangan yang dicintai terkadang bisa membuat seseorang stres, sedih, tertekan, banyak memikirkan hal-hal negatif, hingga mempengaruhi psikis bahkan kesehatan fisik. Sebaiknya hindari hal-hal itu. Nikmatilah hari-hari dengan bahagia meskipun pasangan tidak bisa selalu berada di sisi Anda.

  • Terapkan pola hidup sehat

Atur pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, kurangi kebiasaan menyantap makanan cepat saji, hindari merokok dan minuman beralkohol, serta rutinlah berolah ragalah.

  • Konsultasi dokter

Temui dokter Anda untuk memastikan kesehatan Anda dan pasangan dalam kondisi terbaik untuk mempersiapkan kehamilan. 

  • Jangan jadi beban

Saat bertemu, lakukan hubungan intim dengan pasangan namun jangan sampai target bisa segera mendapatkan momongan justru menjadi beban bagi Anda berdua. Tetaplah rileks dan nikmati waktu Anda berdua dengan bahagia. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!