Radang Usus Buntu Saat Hamil

Radang usus buntu atau apendisitis bisa menyerang kapanpun dan dialami siapapun. Tak terkecuali ibu yang sedang hamil. Ibu hamil terkena radang usus buntu bukanlah peristiwa yang terlalu langka di dunia kedokteran. Berdasarkan penelitian, dari 1.500 ibu hamil, satu di antaranya terkena radang usus buntu.

Sakit perut pada ibu hamil, harus diperiksa secara akurat untuk mengetahui penyebabnya. Bila rasa sakitnya dirasakan pada perut kanan bawah, bisa jadi itu karena radang usus buntu. Pemeriksaan USG dan mungkin ditambah CT-scan akan membantu menegakkan diagnosa apakah memang benar ibu hamil mengalami radang usus buntu.

Jadi apabila Ibu merasakan gejala sakit seperti itu, segeralah ke dokter. Pertanyaannya, bila setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam penyebabnya memang radang usus buntu, apa yang harus dilakukan? Operasi adalah jalan untuk prosedur tindakan yang biasanya dilakukan terhadap pasien radang usus buntu. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana kalau ibu hamil yang terkena radang usus buntu?

Operasi laparoskopi adalah solusi bila radang usus buntu terjadi pada ibu hamil yang masih pada tahap trimester pertama atau kedua. Namun bila radang usus buntu terjadi di saat ibu sudah memasuki trimester ketiga, jalan satu-satunya adalah operasi besar. Jangan khawatir, saat dilakukan operasi maka janin di dalam kandungan tetap dipantau. Jadi operasi radang usus buntu saat kehamilan trimester ketiga aman dilakukan.

Bila dilakukan operasi besar, artinya ibu mesti menginap satu atau dua hari di RS tergantung kondisi. Pemulihan sehabis operasi butuh waktu di mana ibu tidak boleh melakukan aktivitas berat. Tapi juga jangan enak-enakan tak melakukan sesuatu aktivitas apapun. Pendeknya, ketika dokter sudah memastikan ibu hamil mengalami radang usus buntu, jangan ragu untuk diambil tindakan operasi. Operasi usus buntu tidak boleh ditunda karena apendisitis akut yang dibiarkan bisa menjadi kronis di mana hingga usus buntu pecah, yang tentu saja bisa membahayakan ibu dan juga janin.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!