Sering Mimpi Aneh Saat Hamil, Kenapa Ya?

Kehamilan memang membawa banyak perubahan pada seorang perempuan, baik fisik maupun psikis. Secara fisik, bentuk dan ukuran tubuh perempuan hamil berubah di sana sini. Secara psikis, fluktuasi hormonal terutama menyebabkan terjadinya sejumlah perubahan. Ibu hamil (Bumil) bisa mengalami perubahan mood, mengalami gangguan kecemasan adalah di antaranya. Pada sebagian Bumil, perubahan psikis bahkan sampai terbawa ke alam mimpi. Ya, kerap ditemui Bumil yang mengeluhkan sering mengalami mimpi yang aneh-aneh selama kehamilannya. Sering mimpi aneh saat hamil, kenapa ya?

Menurut para ahli kesehatan jiwa, selama kehamilan, mimpi memang lebih kerap terjadi ketimbang sebelumnya. Adegan atau gambaran yang terlihat dalam mimpi pun kadang aneh-aneh dan membuat Bumil bertanya-tanya penyebabnya. Hormon ditengarai menjadi salah satu faktor utama penyebab kondisi ini, beserta perubahan maupun gangguan pola tidur saat hamil. Seluruh faktor-faktor ini dapat memengaruhi Bumil secara psikologis, karenanya wajar bila Bumil sering bermimpi hal-hal yang berbeda dari biasanya. Mimpi aneh yang dialami Bumil bisa jadi merupakan bentuk perasaan dan pikiran, apalagi pada perempuan yang baru kali pertama mengandung.

Menurut penelitian, setidaknya sepertiga perempuan hamil bermimpi tentang bayi mereka yang belum lahir, kehamilan, dan persalinan. Di awal kehamilan, Bumil mungkin banyak bermimpi tentang perkembangan janin. Perubahan fisik seperti kram kaki akan membuat Bumil lebih mudah terbangun saat tidur, sehingga Bumil akan lebih ingat baru saja bermimpi apa. Bisa juga karena Bumil lebih sering istirahat atau tidur, maka peluang bermimpi juga menjadi lebih banyak.

Secara psikologis, mimpi Bumil pada periode awal kehamilan cenderung memiliki makna berupa kesadaran diri akan perubahan tubuh, serta kecemasan tentang melahirkan dan menjadi seorang ibu. Pada kehamilan trisemster kedua, tema mimpi mulai berubah. Biasanya, mimpi Bumil di periode ini lebih berfokus pada perasaan keibuan, serta kehidupan rumah tangga. Sementara pada trimester ketiga tema mimpi biasanya berkaitan dengan jenis kelamin atau nama-nama bayi. Yang pasti tidak perlu khawatir berlebih jika Anda mengalami mimpi yang aneh-aneh. Pastikan saja Anda cukup tidur dan kesehatan tubuh serta janin dalam kandungan terjaga dengan rutin memeriksakan diri ke dokter atau bidan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!