Seusai Melahirkan Kaki Masih Bengkak, Kenapa?

Kaki dan bagian lain tubuh bengkak atau biasa disebut edema, biasa dialami perempuan hamil. Ini karena penambahan cairan dan darah dalam tubuh saat terjadi kehamilan. Juga karena rahim yang bertambah besar menekan pembuluh darah, sehingga mengganggu aliran darah balik ke jantung. Saat kehamilan usai, biasanya bengkak berangsur hilang dengan sendirinya.

Namun beberapa perempuan mengeluhkan kaki bengkak walaupun sudah melahirkan. Jika ini terjadi, yang harus dilakukan adalah memeriksa tekanan darah. Bila tekanan darah normal, tidak perlu khawatir. Bisa saja itu karena tubuh belum normal. Masih ada sisa-sisa peningkatan volume darah selama kehamilan yang kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh saat melahirkan. Tinggal tunggu saja, nanti bengkaknya akan hilang pelan-pelan kok.

Yang perlu diwaspadai adalah ketika bengkak seusai melahirkan diiringi dengan tekanan darah di atas batas normal. Bisa jadi ini merupakan gejala keracunan kehamilan yang merupakan masalah serius bagi perempuan seusai melahirkan. Segera periksa ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter mungkin akan merekomendasikan sejumlah tindakan.

Sedangkan bagi yang ingin bengkak segera berakhir, jangan sering meletakkan kaki dalam posisi menggantung ke bawah. Hal itu akan menambah bengkak. Sebaliknya, usahakan saat duduk atau berbaring posisi kaki diletakkan lebih tinggi dari tubuh. Bisa dengan cara diganjal bantal atau guling. Niscaya bengkak akan berkurang lebih cepat.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!