Tips bagi Ibu Hamil dengan Wasir

Seiring dengan kehamilan yang makin membesar, perempuan yang memang sudah mempunyai bakat penyakit wasir biasanya akan mengalami gangguan tersendiri. Kehamilan akan mendorong usus besar untuk mengeluar sisa makanan. Hal ini menyebabkan terbentuknya bendungan di pembuluh darah sekitar anus. Lalu muncul benjolan yang kemudian dikenal dengan sebutan wasir atau ambeien.

Bila ini terjadi, tips-tips berikut ini akan membantu Anda:

  • Kurangi makanan pedas

Makanan yang terlalu pedas bisa membuat usus meradang, dan pembuluh vena melebar. Namun bukan berarti Ibu dilarang sama sekali mengonsumsi makanan pedas. Tetap mengonsumsi tidak mengapa, namun sewajarnya saja, tidak berlebihan.

  • Perbanyak minum air putih

Minum air putih yang banyak untuk membuat tubuh lebih terhidrasi dan segar, kerja saluran pencernaan dan pembuangan pun lebih baik. Feses menjadi lunak, pembuangan lancar.

  • Konsumsi makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi dari sayuran dan buah-buahan sangat dibutuhkan. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janin dan ibunya, juga untuk membuat tubuh lebih bugar. Selanjutnya membantu agar feses lebih lunak, sehingga saat mengeluarkannya tidak perlu mengejan berlebihan.

  • Konsumsi susu

Konsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan asupan gizi seimbang yang dibutuhkan ibu dan janin di kandungan. Tubuh akan lebih bugar dan sehat.

  • Olahraga aman

Olehraga seperti jalan kaki perlu dilakukan untuk meregangkan otot-otot. Sebaliknya terlalu lama duduk ataupun jongkok akan membuat tekanan pada area perut lebih besar dan memicu wasir.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!