Tips Sehat Selama Musim Hujan untuk Bumil

Musim hujan terkadang memang merepotkan untuk sebagian orang dengan kondisi-kondisi tertentu. Ibu hamil (Bumil) misalnya. Udara yang cenderung lembab dan berangin, membuat penyakit lebih mudah menyerang. Karena itu, menjaga kekebalan tubuh tetap prima menjadi penting, terlebih untuk para Bumil. Berikut ini tips sehat selama musim hujan untuk Bumil, yang bisa diterapkan di keseharian.

  • Jaga Asupan Makanan

Tips pertama, jaga asupan makanan dengan pedoman gizi seimbang. Bukan hanya untuk sang Ibu, nutrisi juga berpengaruh untuk perkembangan janin. Memenuhi kebutuhan nutrisi adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh Bumil saat musim hujan. Makanan tinggi protein diyakini merupakan booster imun yang baik. Anda bisa menambahkan menu sup daging dalam diet harian, juga memperbanyak konsumsi protein seperti ikan.

  • Jaga Asupan Cairan

Tips kedua, jaga asupan cairan. Rasa dingin yang menyertai musim hujan yang berangin, kadang membuat suhu tubuh cenderung rendah dan jarang berkeringat. Akibatnya, seseorang merasa cairan tubuhnya selalu tercukupi. Pastikan carian tubuh tercukupi agar Bumil tidak mengalami pusing kepala, mual bahkan mungkin pingsan karena dehidrasi. Tidak harus selalu air putih. Agar tidak bosan, Anda bisa menggantinya dengan jus buah, atau air kelapa.

  • Jaga Kebersihan Lingkungan

Tips ketiga, jaga kebersihan lingkungan juga makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Musim hujan identik dengan penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu, demam berdarah, diare dll. Untuk itu, Anda perlu memastikan lingkungan rumah selalu dalam keadaan bersih, tidak ada air menggenang yang bisa jadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah. Demikian juga dengan kebersihan makanan dan minuman berikut cara pengolahannya, harus higienis.

  • Pakaian yang Nyaman

Tips selanjutnya, pilihlah pakaian dan alas kaki yang nyaman dan aman. Agar suhu tubuh selalu terjaga, pakailah baju yang menghangatkan suhu tubuh. Misalnya, pilih pakaian longgar berbahan katun dan berlengan panjang. Sementara untuk alas kaki, pilihlah yang nyaman dan aman terutama jika digunakan di luar ruangan. Hati-hati dengan permukaan jalanan yang licin dan rentan membuat jatuh.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!